alexametrics

Damkar Temanggung Kekurangan Personel

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Satuan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Temanggung saat ini tengah mengalami kekurangan personel. Pasalnya, dari 53 anggota damkar, yang bertugas di lapangan hanya 32 orang.

Hal ini lantas membuat satu mobil damkar, hanya bisa diisi oleh 4 petugas saja. Padahal, idealnya untuk satu mobil damkar membutuhkan minimal 6 – 8 petugas. Di Temanggung ada tiga pos pemadam kebakaran, yakni pos Temanggung, Pringsurat dan Candiroto. Dalam setiap pos, ada dua armada yang terdiri dari mobil pemadam dan mobil tangki pembawa air cadangan (water supply).

“Personel (tiap mobil) idealnya ada 6 – 8 orang, itu sudah disesuaikan dengan tugasnya masing-masing. Kalau saat ini kami hanya bisa memberangkatkan 4 orang saja, jadi tidak bisa maksimal karena satu orang harus melakukan banyak tugas,” kata Kepala Satpol PP dan Damkar Temanggung Eddy Cahyadi.

Baca juga:  Memeras, Dua Napi Asimilasi Kembali Dibui

Kekurangan jumlah anggota inilah yang membuat Damkar Temanggung gencar melakukan sosialisasi pencegahan dan penanganan kebakaran kepada warga. Harapannya warga bisa memadamkan api secara mandiri.

Sementara Kasi Pemadam dan Penyelamatan Rama Adhitia Cahya menambahkan, selain kekurangan jumlah personel. Dari 14 armada yang dimiliki Damkar Temanggung, hanya 12 mobil saja yang kondisinya prima dan layak digunakan saat terjadi kebakaran.

“Kita memang memilih mobil yang kondisinya sangat prima, karena saat memadamkan api jalannya harus cepat, sehingga mobil juga harus dalam kondisi yang sangat prima,” katanya saat dihubungi via sambungan telepon, Kamis (6/1).

Meskipun kekurangan personel dan armada yang dimiliki terbatas, pihaknya tetap berusaha semaksimal mungkin menjalankan tugas dengan baik.  (nan/ton)

Baca juga:  Banyak Peralatan Damkar Tidak Layak

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya