alexametrics

Peningkatan 60 Ruas Jalandi Temanggung Ditarget Rampung Pekan Ini

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Proyek peningkatan 60 ruas jalan di Kabupaten Temanggung, sepanjang 35 kilometer ditarget rampung pekan ini.

Alhamdulillah jelang akhir Desember sebagian besar sudah selesai. Diharapkan akhir tahun ini bisa rampung semuanya,” harap Kepala Dinas Pekerja Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Temanggung Hendra Sumaryana saat dihubungi Minggu (26/12).

Hendra menyebut, Kabupaten Temanggung memiliki jalan kabupaten sepanjang 650 kilometer. Dari jumlah itu, 95 persen sudah dalam kondisi baik dan sedang, sesuai dengan standar dari Kementerian PU.

“Kalsifikasi jalan disebut baik dan sedang yakni tingkat kerusakannya di bawah 10 persen. Jika kerusakannya di atas 10 persen maka jalan itu layak untuk segera diperbaiki dan dinormalisasikan sesuai standar PU,” jelasnya.

Baca juga:  Turunkan Angka Stunting 20,9 Persen

Tahun ini, kata Hendra, perbaikan jalan memang difokuskan di wilayah utara Temanggung. Alasannya, untuk menginterkoneksikan kepentingan pariwisata, sektor ekonomi maupun kegiatan kemasyarakatan lainnya.

Perbaikannya mulai dari ujung utara yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Wonosobo, dengan rute Sibajag – Jumprit – Jumo – Kedu hingga Kandangan. Pantauan Jawa Pos Radar Magelang, jalur tersebut sudah mulus dan nyaman untuk dipakai berkendara.

“Sebenarnya perbaikan jalan kita merata, memang sisi prioritasnya saat ini kita konsentrasikan di utara, karena kita ingin menginterkoneksikan kepentingan ekonomi, parisiwisata dan kegiatan masyarakat. Mengingat jalur ini merupakan jalur utama yang dipakai untuk arus barang dan orang,” jelasnya.

Disinggung perbaikan jalan pada 2022 mendatang, Hendra mengatakan, tahun depan akan melakuikan perbaikan di sisi selatan dan wilayah lainnya. “Semua akan kita perbaiki secara bertahap, karena kita melihatnya perbaikan jalan ini sudah menjadi kebutuhan kabupaten,” pungkasnya. (nan/zal)

Baca juga:  Terlibat Judi Online, Ibu Rumah Tangga Ditangkap

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya