alexametrics

611.598 Orang Punya Hak Pilih

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Warga Kabupaten Temanggung yang bisa menggunakan hak suara dalam Pemilu dan Pemilihan per triwulan IV Tahun 2021, atau akhir 2021 sebanyak 611.598 pemilih. Terdiri atas 304.382 laki-laki dan 307.216 perempuan. Jumlah itu termasuk pemilih baru sebanyak 1.243 orang. Hal tersebut terungkap dalam Rapat Koordinasi (Rakor) DPB Triwulan IV Tahun 2021 di aula KPU setempat, Rabu (22/12).

Dalam rakor yang dihadiri Bawaslu Kabupaten dan beberapa dinas/instansi di wilayah KabupatenTemanggung serta pimpinan partai politik tingkat Kabupaten Temanggung peserta Pemilu 2019 ini, Ketua KPU Kabupaten Temanggung M Yusuf Hasyim menekankan betapa pentingnya pemutakhiran daftar pemilih. Sebab dinas instansi terkait yang hadir berperan sebagai sumber data.

Baca juga:  Bunuh Ibu karena Dilarang Gadaikan Sertifikat Tanah

Data dimaksud ialah perubahan peristiwa kependudukan, seperti meninggal, pindah datang atau pindah domisili, serta pemilih baru dan penduduk yang tak lagi memenuhi syarat sebagai pemilih karena menjadi TNI/Polri. Partai politik dan Bawaslu juga menjadi saksi atas hasil pemutakhiran daftar pemilih di akhir 2021 ini.

“Dengan koordinasi yang kita lakukan selama ini, melalui rakor setiap tiga bulan sekali dan pemutakhiran yang dilakukan perbulan diharapkan DPB Tahun 2021 ini betul-betul komprehensif, akurat, dan mutakhir,” ujarnya.

Anggota KPU Kabupaten Temangggung Divisi Perencanaan Data dan Informasi Masithoh Dian Setyatuhu menjelaskan, data dalam proses pemutakhiran DPB diperoleh dari beberapa sumber data yang disandingkan kemudian disortir, sehingga menghasilkan rekapitulasi daftar pemilih. Selanjutnya rekapitulasi daftar pemilih itu diplenokan komisioner KPU Kabupaten, sebelum akhirnya diumumkan.

Baca juga:  Penyerapan Tembakau Lambat, DPRD Datangi Pabrikan

Perwakilan dari Polres Temanggung Iptu Sri Haryono dan Kepala Bagian Kesra Setda Temanggung Herman Santoso menyampaikan masukan terkait sumber data dari instansi mereka.

Menurut Sri Haryono, Polres memiliki data pemilih baru, yaitu anggota yang purnatugas serta pemilih yang tidak memenuhi syarat karena menjadi anggota baru Polri. Adapun Herman, data kematian akan lebih lengkap apabila diambil dari desa/kelurahan secara langsung, tidak hanya dari Bagian Kesra.

Dalam kesempatan tersebut Perwakilan MKKS SMK Kabupaten Temanggung Yuli Astuti Yaningsih berharap agar KPU Kabupaten Temanggung lebih intens mengedukasi pemilih pemula yang hasrat keingintahuannya tinggi terhadap Pemilu dan Pemilihan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Temanggung Erwin Nurachmani Prabawanti dalam kesmeoatan itu menekankan, daftar pemilih adalah tanggung jawab bersama antara penyelenggara Pemilu dan masyarakat. Karenanya, penting sekali data pemilih diumumkan dan masyarakat bisa mengaksesnya. (nan/ton)

Baca juga:  Pemkab Temanggung Dorong Penyandang Disabilitas Tetap Berkarya

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya