alexametrics

Dongkrak PAD, Dishub Temanggung Optimalkan Uji KIR

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Dinas Perhubungan Kabupaten Temanggung melakukan berbagai langkah untuk mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor uji KIR. Kasi Perbengkelan dan Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Kabupaten Temanggung Ghani Cipta Sampurna menyebutkan sejumlah langkah yang dilakukan. Di antaranya dengan program ayo KIR, dan melakukan pemberitahuan kepada masyarakat pemilik kendaraan melalui aplikasi WhatsApp.

“Kami terus mendorong dan mengajak kepada pemilik kendaraan wajib uji KIR untuk segera melakukan uji KIR kendaraannya. Salah satunya melalui pesan broadcast di WA. Kami beritahukan kepada wajib KIR tentang batas akhir uji kendaraan,” jelasnya di sela melakukan pengawasan uji KIR Rabu (1/12).

Ia mengatakan, langkah-langkah yang dilakukan ini ternyata dampaknya sangat sigifikan. Tingkat kesadaran masyarakat untuk melakukan uji KIR semakin membaik dari bulan ke bulan. Sampai akhir November lalu capaian uji KIR Rp 517.180.000dari target di tahun 2021 ini sebanyak  Rp 579.200.000. “Jika dipersentase sudah mencapai 89,29 persen, dari wajib uji KIR kurang lebih sebanyak 5.000 kendaraan,”jelasnya.

Baca juga:  Duta Genre Harus Jadi Contoh Generasi Milenial

Menurutnya, target uji KIR tahun ini lebih banyak dari tahun 2020 lalu. Yakni sebanyak Rp 500 juta, target tersebut terpenuhi hingga akhir tahun 2020. Bahkan mencapai 107 persen dari target.

Sedangkan untuk target 2022 mendatang lanjutnya, mengalami kenaikan dari target 2021 ini yakni Rp 80 juta. “Kami optimistis sampai akhir tahun ini target akan terpenuhi 100 persen. Untuk target tahun depan akan kami jalani dulu semoga saja bisa terpenuhi sepertai tahun-tahun sebelumnya,” harapnya.

Ia menambahkan, uji KIR sangat penting bagi kendaraan angkutan barang maupun angkutan umum untuk meminimalisasi terjadinya kecelakaan di jalan raya. “Sangat penting, kami tidak akan melepaskan kendaraan yang tidak memenuhi syarat saat melakukan uji KIR. Semua kendaraan harus memenuhi dan lolos uji KIR sebelum beraktivitas dijalan raya,” tandasnya. (nan/lis)

Baca juga:  PPKM Mikro Jalan, Kasus Covid Turun

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya