alexametrics

Kera Liar Satroni Rumah Warga

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Dalam satu minggu terakhir ini Warga Desa Muntung, Kecamatan Candiroto dibuat geger dengan munculnya kawanan kera yang menyatroni tempat tinggal mereka. Meski tidak merusak atau mengamuk, namun kera  dengan ukuran besar tersebut membuat warga Desa Muntung resah.

Kemunculan beberapa ekor kera itu diduga mencari makan lantaran sering mengincar bahan makanan milik warga. Belum diketahui secara pasti asal dari kera tersebut apakah dari lereng gunung atau dari tempat lain.

“Yang nampak ada dua ekor, namun ukurannya cukup besar. Biasanya di atap rumah,” kata salah satu warga Desa Muntung Anis, Rabu (24/11).

Ia menjelaskan, kera muncul biasanya saat matahari terbit atau pagi hari hingga sore hari, dan menghilang saat sore hari di hutan sisi utara desa. “Muncul di atap-atap rumah milik warga, tapi ada beberapa kali juga tepergok masuk rumah mencari makanan. Supaya tidak  semakin liar, kami berikan makanan khususnya buah-buahan,” terangnya.

Senada dengan Anis, Sugito yang juga warga setempat mengatakan  kemunculan kera sangat meresahkan warga, terlebih kera tersebut sangat liar. “Banyak genting rumah yang rusak akibat ulah kera tersebut, kami jadi  resah dan takut,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Temanggung Totok Nursetyanto yang dihubungi via telepon membenarkan adanya laporan kera masuk pemukiman warga. Pihaknya juga telah menerjunkan petugas untuk menghalau kera tersebut.

“Beberapa hari lalu memang ada laporan masuk di damkar Kecamatan Candiroto, segera kita halau. Namun kita belum tahu pasti jika masuk ke pemukiman lagi. Jika diperlukan pihaknya siap membantu warga untuk mengusir kera liar tersebut,”  tegasnya. (nan/lis)

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya