alexametrics

Gandeng Ormas Pemuda Tingkatkan Pembangunan Desa

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Rumah Zakat bersinergi dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Temanggung, untuk meningkatkan pembangunan desa.

Ketua Forum Desa Berdaya Rumah Zakat Jawa Tengah Anantiyo Widodo menyampaikan, pembangunan desa melalui pemberdayaan tidak bisa dilakukan sendirian, butuh kerja sama dan sinergi berbagai kelompok.

“Untuk itu, mari kita bersama-sama saling memberi dukunganny masing-masing,” katanya di sela sarasehan pemuda di RM Kampung Sawah Temanggung, Sabtu (20/11).

Kegiatan bertajuk ‘Dari Desa Membangun Negeri’ ini dihadiri beberapa kelompok pemuda di Kabupaten Temanggung.

Sementara itu, Ketua Forum Desa Berdaya Rumah Zakat Kabupaten Temanggung Muhammad Lukman berharap, bisa bekerja sama dengan organisasi pemuda melalui KNPI.

Ia mengungkapkan, Rumah Zakat sedang melaksanakan berbagai program pemberdayaan meliputi Ekonomi, Pendidikan, Kesehatan dan Lingkungan. Program yang diberinama Desa Berdaya ini tersebar di 13 desa.

Baca juga:  Pasar Pingit Gagal Dibangun

Ketua DPD KNPI Temanggung Muhammad Mastur menyambut baik ajakan Rumah Zakat,  karena sejalan dengan apa yang dicita-citakan KNPI.

Pihaknya sedang menginisiasi Perda Kabupaten Ramah Pemuda. Nantinya perda tersebut diterapkan hingga desa. Salah satu ukurannya adalah pemberdayaan pemuda. “Tentunya sangat senang jika bisa berkerja sama dengan Rumah Zakat,” ujarnya.

Sarasehan kemarin juga menghasilkan berbagai rencana kerja sama. Pembina HIPMI Temanggung Ardi Wiji Utomo menyarankan agar Forum Desa Berdaya menjalin kerja sama dengan HIPMI dan KADIN. Ia menyatakan kesiapannya untuk memfasilitasi pertemuan. “Pemberdayaan ekonomi harus selaras dengan pasar, maka perlu bersinergi dengan dunia usaha” katanya.

Puryawanto, perwakilan dari Banser NU berharap dapat bekerja sama dalam pemberdayaan pendidikan. Ia mengaku saat ini sedang merintis sebuah komunitas bernama Benih Surga yang konsen pada pemberian beasiswa anak dhuafa.

Baca juga:  Pemkab Siap Pasang Badan

Sementara Yamno, mewakili Pemuda Buddhis menjelaskan, organisasinya juga melaksanakan pemberdayaan desa. Relawannya disebut dengan nama Abdi Desa. Ia berharap bisa sinergi dengan Rumah Zakat sebagai sesama anak bangsa. (nan/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya