alexametrics

Siswa SMK 17 Temanggung Hijaukan Desa Malangsari

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Memperingati diesnatalis ke-37, SMK 17 Temanggung melakukan kegiatan penanaman pohon di Desa Malangsari, Kecamatan Bulu, Sabtu (13/11/2021). Total ada 1.650 bibit yang ditanam di beberapa laham milik warga dan di pinggiran jalan desa.

Kepala SMK 17 Temanggung Daryani mengatakan, kegiatan penanaman pohon ini, sebagai upaya konservasi lahan untuk menanggulangi bencana banjir dan tanah longsor.

Selain itu, juga untuk melatih kecintaan siswa kepada alam, serta meningkatkan karakter kepribadian yang memiliki budi pekerti. Sehingga dengan demikian, harapannya di masa mendatang para siswa tumbuh dan berkembang dengan memiliki rasa kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungannya.

“Jadi sebenarnya tidak hanya pohon saja yang kita tanam, tapi kita juga menanam kepedulian dan cinta alam kepada para siswa,” katanya.

Baca juga:  Jokowi Belanja Cabai, Bawang hingga Ikan Asin

Menurutnya, penanaman ini sekaligus menjadi investasi bagi warga Malangsari. Sebab, bibit yang ditanam adalah pohon-pohon berbuah. “Sehingga bisa dimanfaatkan dan dapat meningkatkan penghasilan warga,” tandasnya.

Ribuan bibit pohon yang ditanam terdiri dari 500 bibit jeruk keprok, 350 pohon sirsat, 500 nangka, 100 pohon mahoni, 100 gayam dan 100 pucuk merah.

Mewakili warga desanya, Kepala Desa Malangsari Tirwiyono menyampaikan rasa terima kasih. Ia mengaku, kondisi lahan di desanya memang sudah cukup mengkhawatirkan. Butuh upaya-upaya konservasi.

“Dalam jangaka panjang, penanaman pohon ini baik untuk menahan erosi. Selain itu, tanaman pucuk merah yang ditanam di pinggir jalan juga bagus untuk mempercantik wajah desa,” pungkasnya. (nan/zal)

Baca juga:  Penyakit Katastropik Habiskan Rp 125 Miliar

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya