alexametrics

Pondok Al-Hidyah Temanggung Sembuhkan Ratusan ODGJ

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kabupaten Temanggung menyalurkan bantuan kepada

belasan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan yatim piatu di  Pondok Pesantren Al-Hidayah di Desa Duren, Kecamatan Bejen. Kegiatan ini dalam rangka memperingati hari jadi TKSK yang ke-12.

Koordinator TKSK Temanggung Bashori Setyawan berkomitmen agar ke depan kegiatan seperti ini bisa terus dilaksanakan dan dapat merambah kepada pekerja sosial yang lain. Bantuan yang diberikan sendiri berupa fasilitas dan perlengkapan tidur, pakaian dan sembako.

Bashori mengatakan, ODGJ merupakan salah satu binaan TKSK, setiap tahun pihaknya rutin melaksanakan pendampingan bagi ODGJ. Baik yang ada di jalan-jalan dan rumah penduduk.

Baca juga:  Jemput Bola Vaksinasi ODGJ

“Kita laksanakan pendampingan yang dirujuk di RSJ. Nanti setelah kesembuhan, kalau keluarga belum mau menampung, akan kita kirim ke panti-panti ini,” terangnya.

Di tempat yang sama, Bupati Temanggung HM Al Khadziq sangat mengapresiasi keberadaan Ponpes Al-Hidayah. Menurutnya, pesantren seperti ini tentu akan meringankan tugas-tugas pemerintah. Terutama Dinas Sosial yang punya tanggung jawab terhadap orang-orang terlantar, miskin, anak yatim dan ODGJ.

Sementara itu ,pengasuh Ponpes Al Hidayah Kyai Muhtar menambahkan, sudah ratusan lebih ODGJ yang berhasil disembuhkan. “Saya mulai sudah sejak 1998. Kemudian semakin hari semakin bertambah pasien ODGJ,” tuturnya.  (nan/lis)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya