alexametrics

Monumen Bambang Soegeng Temanggung Tak Terawat Penuh Semak Belukar

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Sofia Nora, siswi SMK Negeri 2 Temanggung akhirnya mengenal sosok Bambang Soegeng. Ia tahu tokoh pejuang itu, saat mengikuti aksi bersih-bersih Monumen Bambang Soegeng, Kamis (30/9/2021) pagi yang diinsiasi Kodim 0706 Temanggung.

Sebelumnya, Sofia mengaku tidak mengenalnya. Yang ia tahu hanya monumennya yang berada di Kelurahan Madureso, Kecamatan Temanggung.  Dalam satu tahun terakhir tidak terawat dan penuh semak belukar. “Saya tidak tahu itu pahlawan, cuma tahu kalau monumennya ada di sini,” ujar Sofia.

Akhirnya, saat melakukan pembersihan dan perbaikan monumen bersama personel TNI, ia banyak berbincang dan jadi tahu siapa sosok Bambang Soegeng. “Sekarang jadi tahu siapa itu Bambang Soegeng. Seneng bisa ikut besih-bersih. Selain membantu lingkungan sini biar bersih, juga bisa belajar sejarah,” katanya.

Baca juga:  Lantik Pejabat Eselon II, Bupati Temanggung: Jangan Hanya Menikmati Jabatan

Aksi bersih-bersih ini dalam rangka peringatan Hari Kesaktian Pancasila dan HUT TNI. Pembersihan dan perbaikan dilakukan, lantaran kondisi monumen Bambang Soegeng dalam satu tahun terakhir memprihatinkan dan tidak terawat. Selain itu juga untuk meningkatkan patriotisme dan nilai-nilai perjuangan dan kepahlawanan Jenderal Bambang Soegeng.

Dandim 0706 Temanggung Letkol Czi Kurniawan Hartanto menyampaikan permohonannya kepada pemerintah daerah setempat untuk dapat menugaskan orang membersihkan monumen secara berkala.

“Kami telah bersurat ke pemda untuk minta membersihkan monumen secara rutin. Tapi sampai sekarang belum diakomodasi. Monumen ini kan menjadi salah satu cagar budaya di Kabupaten Temanggung yang bisa kita lestarikan. Bisa dijadikan tempat wisata sejarah. Karena jangan sekali-kali kita meninggalkan sejarah,” pungkasnya. (nan/lis)

Baca juga:  Korupsi, Eks Pimpinan Cabang PD BKK Pringsurat Cabang Tretep Ditahan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya