alexametrics

Cegah Rabies, DKPPP Temanggung Suntik 350 Dosis Vaksin

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Temanggung memberikan layanan gratis 350 dosis vaksinasi rabies bagi hewan piaraan. Khususnya kucing dan anjing.

Kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia 2021 ini untuk pencegahan dan pengendalian rabies secara masif.

Vaksinasi rabies bagi hewan tersebut dilakukan selama tiga hari mulai Selasa (28/9/2021) hingga Kamis (30/9/2021) di dua tempat. Khusus untuk kucing dilakukan di Puskeswan Temanggung. Layanan anjing dilakukan di Puskeswan Kedu.

Kepala DKPPP Kabupaten Temanggung Djoko Budi Nuryanto mengatakan, vaksinasi gratis ini sebagai stimulan membangkitkan kesadaran masyarakat terkait bahaya penyakit rabies. Djoko menjelaskan, virus penyakit rabies dapat ditularkan melalui air liur hewan piaraan dan sangat berbahaya. Bahkan, bisa menyebabkan kematian kepada penderitanya.

Baca juga:  172 Ternak Terpapar PMK dalam 20 Hari

Djoko mengatakan kasus rabies di Kabupaten Temanggung terbilang kecil. Kendati demikian, ia mengajak masyarakat untuk tetap waspada.

“Di Temanggung beberapa kali terjadi kasus HPR (hewan penular rabies). Kadang-kadang kita tidak bisa menghindari, sejinak-jinaknya hewan kadang juga bisa nyakar dan melawan. Ini yang kami khawatirkan. Terkait dengan itu, kami memberikan vaksin antirabies ini untuk  memberi perlindungan kepada manuisa dari dampak gigitannya,” katanya.

Selain di puskeswan, vaksinasi antirabies juga dilakukan untuk anjing-anjing Polres Temanggung dan beberapa desa yang masih banyak hewan liarnya. Seperti di Kalimanggis, Getas, Ngemplak, Bandung Gedhe, Selopampang, Bansari dan Gentingsari.

“Selain melaksanakan vaksin, kita juga laksanakan edukasi. Tidak hanya terkait rabies tapi juga kesehatan hewan pada umumnya dan pemiliknya,” imbuhnya.

Baca juga:  Formasi Rekam Medis Tak Ada Pelamar

Salah seorang pemilik kucing Untung Pamungkas, mengungkapkan kegembiraannya dapat mengikuti vaksin antirabies secara gratis untuk ketiga kucing kesayangannya. Sebab untuk vaksin mandiri, ia harus merogoh kocek Rp 180 ribu hingga Rp 200 ribu. (nan/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya