alexametrics

Drainase Meluap, Senderan Rumah Longsor

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Bangunan senderan rumah warga di Dusun Glapansari, Desa Glapansari, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung longsor Minggu (26/9/2021).

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung Totok Nursetyanto mengatakan tanah longsor tersebut terjadi akibat luapan saluran drainase rumah tangga. Menghantam bangunan senderan sepanjang 12 meter dan tinggi delapan meter.

“Musibah longsor itu dikarenakan hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan saluran drainase rumah tangga tidak mampu menahan debit air. Sehingga meluap dan menghantam senderan di depan rumah Wardi dan Saifudin,” katanya.

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam musibah tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. “Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam musibah tersebut. Pemilik rumah juga tidak mengungsi karena musibah longsor itu tidak merusak bangunan rumah warga,” imbuhnya. Hingga Minggu sore, warga dibantu petugas dari BPBD melakukan evakuasi material longsor.

Baca juga:  Eks Direktur PD Aneka Usaha Temanggung Dituntut 21 Bulan

BPBD Temanggung mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana tanah longsor untuk meningkatkan kewaspadaan. Terlebih saat ini memasuki musim penghujan dengan intensitas tinggi dan durasi panjang, berpotensi menimbulkan tanah longsor maupun banjir. (nan/lis)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya