alexametrics

Di Temanggung, Banyak Peserta PPPK Tak Lolos Uji Kompetensi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Peserta seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) khusus tenaga pendidik di Kabupaten Temanggung banyak yang tidak lolos uji kompetensi tahap pertama.

Dari 1.962 peserta yang dinyatakan memenuhi syarat untuk melaksanakan uji kompetensi tahap pertama, hanya 1.539 peserta yang hadir untuk mengikuti tes. Terdiri dari 1.333 peserta untuk formasi guru SD dan 206 peserta untuk guru SMP.

Namun, dari dari 1.333 peserta untuk formasi guru hanya 238 yang berhasil lolos uji kompetensi teknis. Sedangkan dari 206 peserta untuk guru SMP, hanya 137 orang yang berhasil lolos uji kompetensi teknis.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Temanggung Agus Sujarwo menjelaskan, ada tiga tes yang diujikan dalam uji kompetensi tahap pertama. Yaitu manajerial dan sosio kulutural, wawancara dan uji kompetensi teknis.

Dari semua jenis tes tersebut, kata Agus, banyak peserta yang tidak lolos uji kompetensi teknis. Sedangkan untuk materi manajerial dan sosio kultural beserta wawancara, masih banyak peserta yang berhasil melampaui passing grade.

“Terkait dengan hasil uji kompetensi yang kurang menggembirakan, beberapa alasan yang dikemukakan peserta ujian bahwa soalnya terlalu sulit dan passing grade terlalu tunggi,” katanya, Selasa (21/9/2021).

Kendati demikian, Agus mengatakan bahwa ini baru perkiraan perhitungan yang dilakukan. Sedangkan untuk hasil resminya masih harus menunggu pengumuman dari kementerian.

Kata Agus, bagi peserta yang dinyatakan tidak lolos seleksi atau uji kompetesi tahap pertama, masih berkesempatan mengikuti uji kompetensi kedua yang rencananya diselenggarakan Oktober.

Terkait dengan keluhan para peserta tentang nilai ambang batas yang terlalu tinggi dan sulitnya soal yang diujikan, Pemkab Temanggung akan berkirim surat resmi sebagai respons dan bahan evaluasi khususnya untuk mempersiapkan seleksi kompetensi tahap II pada Oktober mendatang. (nan/lis)

 

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya