24 C
Semarang
Minggu, 29 Januari 2023

Cuaca Mendukung, Produktivitas Kopi Meningkat

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Cuaca bagus mendukung kualitas produksi kopi Temanggung. Meski memasuki akhir masa panen, kualitas kopi tak berubah. Meski hanya sedikit, produktivitas kopi juga meningkat jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Temanggung Djoko Budi Nuryanto mengatakan dalam satu hektare lahan kopi, minimal mampu menghasilkan 1,1 ton biji kopi kering (ose). Luasan kebun kopi tahun ini 10.000 hektare. Dari jumlah itu  8.000 hektare ditanami jenis robusta. Sedangkan 1.200 sampai 1.300 sisanya ditanami jenis Arabica.

Peningkatan produktivitas kopi tersebut, kata Djoko, berdampak pada peningkatan pendapatan petani. Apalagi harga jual kopi pada saat panen raya juga cukup bagus disesuaikan dengan kulitas kopi yang dihasilkan petani. “Rata-rata antara Rp 5.000 sampai Rp 6.500 tergantung waktu petiknya. Jika petik merah semuanya harga tertinggi Rp 6.500,” katanya.

Baca juga:  Kopi Lokal Kabupaten Semarang Siap Bersaing di Pasar Global

Terpisah, petani kopi robusta di Desa Muncar, Kecamatan Gemawang Sarwadi menuturkan, panen raya kopi saat ini cukup mengembirakan. Selain produktivitasnya meningkat harga kopi juga lebih stabil. “Kurang lebih meningkat 20 persen. Harga juga lebih stabil, meskipun turun tapi tidak banyak, tergantung dari kualitas kopi yang dijual saja,”tuturnya.

Apalagi katanya, bagi petani kopi yang bisa mengolah kopi dengan teliti, harga jual akan lebih mahal jika dibandingkan dengan pengelolaan yang masih biasa.

Sementara Dariyono, petani kopi di Kecamatan Bejen mengatakan peningkatan produksi kopi tahun ini didukung cuaca yang terjadi pada tahun 2020 lalu. Saat musim pembuahan cuaca sangat mendukung. Sehingga terjadi peningkatan produktivitas sebanyak 20 persen. “Misalkan di panen tahun lalu dari kurang lebih 300 tanaman kopi bisa memproduksi 2 ton kopi merah basah. Tahun ini diperkirakan naik menjadi 2,4 ton,” tandasnya. (nan/lis)

Baca juga:  Petani Kopi Gunung Kelir Sumringah Dapat Bantuan Alat Roasting

 


Baca artikel dan berita terbaru di Google News


Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Menarik

Artikel Menarik Lainnya