alexametrics


Lumbung Pangan Hortikultura, Siapkan 900 Ha

Rekomendasi

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Pemerintah Kabupaten Temanggung bersama Kementerian Pertanian menyiapkan 900 hektare lahan sebagai lumbung pangan hortikultura. Lahan yang tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Temanggung tersebut akan ditanami tiga komoditas unggulan. Yakni cabai, bawang merah dan bawang putih masing-masing 300 hektare.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Temanggung Djoko Budi Nuryanto mengatakan, dengan model food estate tersebut nantinya penanaman akan dilakukan di luar musim. Sehingga saat panen dapat diperoleh harga yang tinggi. Mengingat selama ini petani di Temanggung sering mengalami kerugian karena rendahnya harga jual tiga komoditas tersebut. Menurut Djoko, anjloknya harga dikarenakan bebarengan dengan panen raya yang dilakukan petani di luar daerah.

“Model food estate itu nanti ada langsung ada pembelinya. Ada off tacker-nya yang langsung mengambil hasil panen. Jadi petani bisa fokus pada budidayanya. Sebab untuk modal dan penjualan hasil tanam bisa langsung ada pembelinya,” katanya, Rabu (8/9/2021).

Dalam program food estate ini juga akan menggandeng pihak ketiga dari perusahaan makanan nasional untuk membeli hasil panen milik petani. Bahkan, perusahaan itu juga turut berinvestasi dalam budidaya guna mengurangi biaya tanam petani. (nan/lis)

 

Artikel Menarik Lainnya

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya