alexametrics

Kualitas Bagus, Harga Cabai Anjlok

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Petani cabai di Kabupaten Temanggung berharap harga jual cabai jenis sret tahun ini naik. Mengingat produktifitas dan kualitas cabai sangat bagus dibandingkan tahun lalu.

Saat ini harga cabai sret merah di tingkat petani hanya dihargai Rp 6.000 per kilogram, atau turun dari harga Rp 20.000 pada bulan Juli lalu.

Sarmadi, petani cabai warga Desa Kataan, Kecamatan Ngadirejo mengatakan panen cabai tahun ini tergolong bagus dibandingkan tahun kemarin. Rata-rata per hektare untuk satu kali petik dapat menghasilkan dua ton. Jumlah tersebut jauh lebih banyak dibandingkan tahun lalu yang hanya 1,5 ton.

“Untuk kualitas panenan tahun ini juga sangat bagus. Karena kalau tanaman cabai ditanam di musim kemarau dan banyak panasnya membuat buah cabai lebih tahan lama dan rasanya pedas sekali,” katanya.

Baca juga:  Buruh Ngotot Tolak Aturan Baru JHT

Dia berharap harga jual cabai bisa Rp 20 ribu per kilogram atau lebih. Karena dengan harga tersebut petani sudah mendapatkan keuntungan. Sementara itu untuk mendukung ketahanan pangan, kawasan Desa Kataan akan dijadikan food estate dengan target luas tanam tahun 2022 sekitar 200 hingga 300 hektare. Upaya mewujudkan kawasan food estate itu nantinya akan berkerja sama dengan importer.

“Guna mendukung ketahanan pangan dan juga membuka pasar, khususnya cabai kita targetkan pada musim tanam ke depan kawasan Desa Kataan dijadikan food estate,” kata Siswanto, salah seorang importer.

Pihaknya berharap keberadaan food estate tersebut merupakan salah satu konsep penumbuhan lumbung pangan. Sehingga dapat mewujudkan kemandirian pangan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani cabai di Temanggung.

Baca juga:  Masih Bisa Vaksin Saat Ramadan

“Saya yakin keberadaan food estate itu nantinya dapat mewujudkan kemandirian pangan. Khususnya cabai. Sehingga meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani cabai,”pungkasnya. (nan/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya