alexametrics

Upacara Bendera di Tumpukan Sampah TPA Sanggrahan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Puluhan pemulung yang tergabung dalam Paguyuban Pemilah Sampah Non-Organik (PPSNO) Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Sanggrahan menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia. Upacara digelar di sela-sela tumpukan sampah. Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Temanggung Entargo Yutri Wardono bertindak sebagai inspektur upacara.

Dalam upacara tersebut peserta upacara dengan tertib mengenakan masker dan menjaga jarak. Para pemulung menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama saat melakukan penghormatan bendara Merah Putih yang sudah dikibarkan di tiang bendara berwarna putih.  “Kami tetap menyelenggarakan penghormatan kepada Sang Merah Putih pada HUT ke-76 Kemerdekaan RI dengan alakadarnya. Dengan naiknya Merah Putih di TPA ini membuat kami tetap semangat dalam bekerja,” kata operator alat berat TPA Sanggrahan Yuliatno Selasa (17/8/2021). Usai upacara, para pemulung melanjutkan aktivitas mereka memilah sampah di TPA tersebut.

Baca juga:  Bupati Temanggung Perankan Tokoh Kresna Raja Dwarawati Sambil Sosialisasikan 3M

Entargo menyampaikan, sekarang masyarakat bisa mengisi kemerdekaan dengan pembangunan, melakukan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara melalui bidang masing-masing. Ia berharap dengan pengabdian dan perjuangan melalui jalur masing-masing dalam mengisi kemerdekaan ini dapat berjalan dengan baik dan membawa berkah. “Alhamdulillah teman-teman yang ada di TPA ini rasa nasionalismenya masih tinggi, terbukti di dalam kesibukannya memilah sampah masih menyempatkan diri untuk melaksanakan upacara peringatan Kemerdekaan 17 Agustus,” katanya.

Sementara itu, 17 pesepeda yang tergabung dalam Patriot 4 Cycling Club mempunyai cara unik dalam menyemarakkan HUT ke-76 RI. Mereka bersepeda berkeliling kota sembari menyayikan lagu-lagu nasional lengkap dengan ornamen bendera merah putih.

Koordinator kegiatan Teguh Dimas mengatakan, Patriot 4 Cycling Club merupakan komunitas kepala RT yang ada di RW 4 Kelurahan Jampiroso Selatan. Kegiatan bersepeda sengaja dipilih karena dirasa mampu menyehatkan badan serta meningkatkan imunitas. Dalam kegiatannya, ia memastikan protokol kesehatan tetap dijalankan. “Saat bersepeda kami juga menyanyikan lagu nasional secara bersama-sama untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme, biar kita selalu ingat, walaupun perayaan terbatas tapi semoga jiwa-jiwa cinta tanah air masih tetap terjaga,” katanya.

Baca juga:  Panen Tembakau Diperkirakan Menurun

Rombongan bersepeda dari Tugu Jam menuju barat sampai Mahkota Swalayan, kemudian menuju halaman kantor bupati untuk mengikuti hening cipta pukul 10.17 WIB. (nan/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya