alexametrics

SKA Kartini Wadahi Kreativitas Disabilitas

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Sentra Kreasi Atensi (SKA) Kartini secara konsisten memberikan asistensi rehabilitasi pada semua pemerlu layanan kesejahteraan sosial. Di antaranya para penyandang disabilitas, anak putus sekolah, wanita rawan sosial ekonomi, hingga orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Humas BBRSPDI Kartini Temanggung Nurul Chomariah menuturkan, berdirinya SKA ini tergolong amat mendadak. Mulanya tim dari BBRSPDI menghadiri peresmian SKA yang hampir sama di Pangudi Luhur Bekasi. Ketika itu, Menteri Sosial langsung meminta mereka untuk mendirikan SKA juga. “Kami langsung mempersiapkannya, dan selang beberapa hari Sentra Kreasi Atensi kami diresmikan,” katanya, Selasa (10/8/2021).

Tempat usaha untuk sentra kreasi itu menggunakan salah satu bangunan di BBRSPDI. Lokasinya tepat di sebelah kedai kopi yang semula didirikan untuk pelatihan siswa disabilitas intelektual yang bersekolah di BBRSPDI Kartini. Namun sentra kreasi ini tidak hanya mewadahi kalangan disabilitas intelektual, tapi juga disabilitas fisik dan para pemerlu kesejahteraan sosial lainnya.

Baca juga:  Tebing Setinggi 10 Meter Longsor

Ada banyak jenis usaha dalam wadah SKA ini. Yakni kafe, galeri untuk memasarkan produk disabilitas. Terutama batik ciprat dan produk Selter Workshop Peduli (SWP). Jenis usaha lainnya ada laundry, toko Kartini Mart, penjualan tanaman hias, ditambah jasa pijat yang beroperasi mulai Bulan Juli.

Menurut Nurul, progres usaha kafe, galeri, dan tanaman hias cukup bagus. Namun jenis usaha lainnya masih perlu upaya pengembangan. Tanaman hias yang dikelola disabilitas intelektual kerap dibawa mengikuti pameran. Juga produk yang dipajang di galeri selalu laku keras tiap diikutsertakan dalam pameran. (nan/lis)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya