alexametrics

Permintaan Ikan Konsumsi Turun 80 Persen Selama PPKM

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 berdampak pula pada peternak ikan. Candra Wahyu Ningrum, peternak ikan konsumsi di Kelurahan Kowangan, Kecamatan Temanggung mengaku permintaan ikan turun 80 persen.

Sebelum PPKM, sehari ia menjual 15 kg ikan (lele atau nila). Namun, saat PPKM diberlakukan, permintaan ikan dua sampai tiga kilo per hari. “Biasanya pas panen langsung habis dibeli pembeli. Sekarang nggak ada, yang biasanya ngambil juga nggak ada yang ke sini,” ungkapnya.

Caca menduga, jam operasional pedagang yang dibatasi juga membuat para pelaku usaha mengurangi dagangannya. “Mungkin karena jualan dagang dibatasi, jadi takut kalau tidak laku,” katanya.

Baca juga:  Kader Gerinda Diminta Tetap Tenang

Meski sudah ada gerakan belanja PKL, pemberian sembako dan kelonggaran dalam aturan PPKM terbaru. Menurutnya itu masih belum cukup efisien dan maksimal lantaran dianggap hanya sebatas seremonial. Kendati demikian, ia juga mengakui pemutusan mata rantai persebaran Covid-19 juga perlu dilakukan. “Serba dilematis sebenarnya. Semoga besok setelah PPKM bisa normal kembali. Pembeli ada lagi dan balik lagi,” pungkasnya. (nan/lis)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya