alexametrics

Jelang Panen Tembakau, APTI Minta Kepastian Harga Minimal

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Pabrikan rokok, utamanya PT Djarum dan Gudang Garam, berkomitmen menyerap seluruh tembakau dari Temanggung. Hal ini terungkap dalam pertemuan virtual dengan Pemkab Temanggung Senin (19/7/2021) lalu.

Kendati demikian, Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) mengaku belum puas dengan komitmen tersebut. Ketua APTI Agus Parmuji mengatakan terpenting bukan pada komitmen pembelian dari pihak industri, tetapi pada penentuan harga yang tidak boleh merugikan para petani.

“Bagi kami para petani sebenarnya belum puas seratus persen. Karena ini baru komitmen untuk membeli dan membuka gudang yang sebenarnya sudah dilakukan setiap tahun. Kepuasan kami bisa terjawab jika ada harga standar minimal dan kuota yang disampaikan,” katanya Selasa (20/7/2021).

Baca juga:  Siapkan Teguran hingga Pembekuan

Agus mengatakan, pihak industri seharusnya sudah berlomba-lomba menyerap tembakau dari petani nasional. Khususnya Temanggung yang sebentar lagi akan menjalani masa panen. Penetapan harga minimal dan kuotanisasi per grade harus segera dilakukan. Sehingga dengan kepastian tersebut, petani akan tenang dan nyaman dalam melakukan panen raya.

“Ayo kita bersama-sama dengan industri, pemda dan kementerian terkait bersinergi mengakomodasi kepentingan industri tembakau dari hulu hingga hilir. Karena tembakau menyangkut hajat hidup masyarakat Temanggung yang mayoritas petani. Dengan begitu petaninya bisa makmur,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo meminta pemerintah pusat, pabrikan dan pengusaha tembakau untuk membatasi impor tembakau. Dan cukai rokok tidak terus dinaikkan. Menurutnya, penyerapan dari tembakau lokal harus diutamakan.

Baca juga:  Jalan Penghubung Jebol, Warga Desa Gandon dan Gandulan Harus Memutar

“Sepanjang tembakau kami masih ada, untuk apa pemerntah membuka keran untuk impor tembakau,” tandasnya.

Wabup juga mendesak pabrikan untuk membuat disparitas harga antara tembakau asli Temanggung dengan tembakau Temanggungan supaya menguntungkan petani. “Katanya tembakau Temanggung ini kualitasnya yang paling baik. Menjadi lauknya rokok tapi kenyataannya, antara lauk dengan nasi harganya sama. Mohon ini diperhatikan betul oleh pabrikan,” pungkasnya. (nan/lis)

 

 

 

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya