alexametrics


Gerakan Peduli Belanja di PKL Disambut Baik

Rekomendasi

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Instruksi Bupati Temanggung yang tertuang dalam Surat Edaran Nomor 012 Tahun 2021 tentang Gerakan Peduli Belanja bagi Pedagang Kaki Lima (PKL) disambut baik aparatur sipil negara (ASN) dan pegawai pemerintah daerah.

Alhamdulillah saat ini pegawai di Kabupaten Temanggung semangat. Hampir semua melaporkan bahwa mereka belanja di kaki lima dan fotonya diupload di grup. Tentu ini akan menyenangkan dan membantu kepercayaan diri para pedagang kaki lima untuk bangkit kembali,” kata Bupati Temanggung HM Al Khadziq.

Menuru dia, PKL adalah pihak yang paling terpukul dengan penerapan PPKM darurat. Khususnya PKL yang menjajakan dagangannya pada malam hari karena harus dibatasi jam operasionalnya. Sehingga untuk membantu memperkuat perekonomian PKL dari situasi ini, diterbitkan instruksi agar PNS membeli di warung-warung kaki lima.

Dalam situasi krisis ekonomi, sektor informal biasanya yang bisa bertahan. Oleh karena, kata Khadziq, sektor informal ini jangan sampai lemah.

Kendati demikian, instruksi tersebut tidak bersifat mengikat secara khusus. Serta tidak menentukan jumlah minimal yang wajib dibelanjakan. “Kalau sanksi tidak ada, tapi nanti rugi sendiri karena kaki lima ini makanannya juga enak-enak. Barang yang dijual juga bagus,” tambahnya.

Gerakan peduli dengan cara belanja ini diharapkan dapat membantu perekonomian masyarakat terutama kelas menengah ke bawah. Sekaligus mendukung kinerja pemerintah yang saat ini sedang fokus mengendalikan kasus Covid-19.

Namun, baik pembeli maupun PKL tetap harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat saat berbelanja. ”Belanja di warung makan harus dibawa pulang. Akitivitas belanja juga harus diatur agar tidak menimbulkan kerumunan di warung-warung,” pungkasnya. (nan/lis)

 

Terbaru

Populer

Lainnya