alexametrics

Galian C Longsor, Satu Orang Tewas

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Satu orang tewas tertimbun tanah longsor di kawasan penambangan galian C di Dusun Liyangan, Desa Purbosari, Ngadirejo, Kabupaten Temanggung.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung Totok Nursetyanto mengatakan, korban meninggal atas nama Tumini,  63, warga Dusun Liyangan RT 02 RW 04 Desa Purbosari, Kecamatan Ngadirejo.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, kejadian bermula saat korban akan menggiling batu (split) sekitar pukul 10.30. Tiba-tiba lereng di lokasi penambangan tersebut longsor dan menimbun tubuh korban. Tak pelak, korban meninggal di tempat.

Sedangkan salah seorang warga yang lain berhasil menghindar dan selamat. Tebing yang longsor tersebut bukan hanya berupa pasir dan tanah. Tetapi juga batu-batu berukuran besar. Volume longsor diperkirakan sepanjang 7 meter dengan ketinggian 10 meter.

Baca juga:  PTM Hari Kedua, Siswa Mulai Disiplin Prokes

“Berdasarkan keterangan warga, di atas lereng itu memang ada aliran air. Saat itu lereng mengeluarkan air kemudian jebol dan terjadilah longsor yang menimpa korban,” katanya.

Begitu mengetahui longsor tersebut, masyarakat bersama tim SAR gabungan -TNI, Polri, BPBD, dan sejumlah relawan- melakukan pencarian korban.

“Dalam pencarian korban yang tertimbun longsor tidak ada kendala. Cukup dengan peralatan manual dan korban ditemukan sudah dalam keadaan meninggal,” tambahnya. Setelah dilakukan evakuasi dan olah TKP, korban kemudian dibawa ke rumah duka di Dusun Liyangan. (nan/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya