alexametrics

Penta Helix dan Si-Prokes Juarai Krenova 2021

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Program Sinergitas Penta Helix dan Si-Prokes yang digagas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung menjuarai Lomba Kreativitas dan Inovasi (Krenova) 2021.

Dwi Sukarmei, penggagas program Sinergitas Penta Helix dan Si-Prokes mengatakan, prestasi membanggakan itu merupakan terobosan dalam penanganan bencana dan pencegahan penularan Covid-19.

“Sinergitas Penta Helix dan Si-Prokes ini mengalahkan 10 peserta OPD lainnya dalam lomba Krenova yang diadakan Bappeda,”ujarnya.

Menurutnya, penilaian dari lima juri itu meliputi penerapan ilmu teknologi IT sangat bermanfaat atau tidak dan terbarukan atau tidak. Serta bisa diterapkan di semua kalangan atau tidak. Kemudian dari segi keberlanjutan, inovasi ini tetap bisa digunakan ke depan, termasuk manfaat bagi masyarakat. Yakni memudahkan dalam melaksanakan prokes Covid-19. “Terakhir, penilaian terkait anggaran dalam membuat program dan alat tersebut,” katanya, Selasa (22/6/2021).

Baca juga:  Temanggung Turun Level 2, Fokus Vaksinasi Dosis Dua

Dwi menyebutkan, Penta Helix merupakan skema kegotongroyongan masyarakat, relawan maupun petugas BPBD dalam menanggulangi kebencanaan. Sistem Penta Helix yang dibangun BPBD Temanggung dinilai cukup bagus. Khususnya dalam kolaborasi petugas penanggulangan dengan relawan dari masyarakat.

Dalam menanggulangi bencana, kata dia, Penta Helix sangat dibutuhkan karena menjadi satu kesatuan antar-individu. Maka dalam penanganan bencana menjadi urusan bersama antara masyarakat dengan petugas. Untuk menumbuhkan kesadaran kolektif terhadap kepedulian bersama saat terjadi bencana.

Sementara untuk  alat Si-Prokes (Sistem Protokol Kesehatan) diciptakan untuk menekan laju penyebaran penularan Covid-19. Alat berupa bilik yang digunakan ini menggunakan sensor yang dipadukan dengan alat pengukur suhu, detektor masker, sabun cuci tangan lengkap dengan wastafel, dan palang penutup.

Baca juga:  Dinkes Temanggung Daftarkan 33 Inovasi

“Si-Prokes sebuah inovasi untuk mengawal protokol kesehatan yang tidak mengenal waktu dan tempat. Karena bekerja 24 jam dan siapa pun yang masuk harus melalui protokol kesehatan. Alat ini dipasang di depan pintu masuk kantor. Siapapun yang akan masuk kantor harus melalui alat ini. Jika sudah ada orang masuk, maka sensor akan langsung bekerja dan jika tidak mengenakan masker, maka palang pintu secara otomatis tidak akan terbuka,” tegasnya.

Sinergitas Penta Helix dan Si-Prokes akan maju dalam  kompetisi serupa di tingkat provinsi. Bersama Market Place Online Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial Menuju Mandiri dan Sejahtera dari Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Sensorik Netra Penganthi Temanggung. Dan Inovasi Pelayanan BUNDAKU dari Dindukcapil Temanggung. (nan/lis)

Baca juga:  Utamakan Tembakau Asli Temanggung

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya