alexametrics

Berharap Revisi PP 109 Tak Rugikan Petani Tembakau

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Bupati Temanggung HM Al Khadziq berharap revisi terhadap Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 109 Tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau bagi Kesehatan tidak merugikan petani tembakau.

“Pemkab Temanggung memohon kepada pemerintah pusat agar revisi PP 109/2012 tidak merugikan petani tembakau. Bahkan kalau bisa dibatalkan dulu. Karena semakin dibatasi turunan produk tembakau maka kesejahteraan petani akan semakin menurun,” katanya kemarin (21/6/2021).

Khadziq menyampaikan pemerintah pusat sekarang tengah menggodok perubahan PP 109/2012 yang di dalamnya akan berisi pembatasan-pembatasan tentang turunan produk tembakau.

“Asumsi kami semakin turunan produk tembakau dibatasi maka juga akan menurunkan harga jual tembakau. Khususnya tembakau lokal dari Kabupaten Temanggung sehingga merugikan petani,” imbuhnya.

Baca juga:  Mimpi Budi Miliki Rumah akan Jadi Kenyataan

Oleh karena itu, Pemkab Temanggung juga akan ikut mengkaji item-item yang sedang dibahas dalam perubahan PP 109/2012. Manakala ada pembatasan-pembatasan yang merugikan petani tembakau, Pemkab akan mengajukan usulan-usulan kepada pemerintah pusat.

“Sebelum keputusan dibuat, Pemkab Temanggung akan ikut melakukan intervensi kebijakan. Semoga nanti masukan dari Pemkab Temanggung juga diterima oleh pemerintah pusat. Tetapi apapun yang nanti menjadi keputusan pemerintah pusat, pasti Pemkab Temanggung sebagai bagian integral pemerintah RI pasti juga akan menjalankannya,”tandasnya. (nan/lis)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya