alexametrics


Sepuluh OPD Bersaing di Krenova 2021

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kabupaten Temanggung mengadakan lomba Kreasi Inovasi (Krenova) 2021 bagi perangkat daerah di lingkup Pemkab Temanggung. Sebanyak 10 organisasi perangkat daerah (OPD), dengan total 12 inovasi mengikuti kompetisi tersebut.

Ripto Susilo, asisten Perekonomian dan Pembangunan mengatakan, kompetisi ini untuk meningkatkan kinerja internal bagi tiap-tiap OPD. Nantinya berujung pada peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Ripto menekankan hasil perlombaan tidak menjadi inti dalam kompetisi. Menurutnya, kinerja pemerintahan serta pelayanan kepada masyarakat yang harus dititikberatkan.

Hasil Krenova akan diumumkan dalam waktu dekat. Nantinya akan diambil beberapa kandidat yang akan bersaing di tingkat provinsi, atau yang akan diikutsertakan di International Goverment Award (IGA) yang diselenggarakan pemerintah pusat.

Ripto mengungkapkan, tahun lalu di Kabupaten Temanggung sudah ada 115 inovasi, 69 persen dari masyarakat masyarakat dan  31 persen dari perangkat daerah. Jumlah tersebut akan terus bertambah. Tahun ini sudah ada 34 inovasi dari masyarakat, 5 inovasi dari desa, dan 12 inovasi dari OPD yang sedang berkompetisi saat ini. “Sehingga insya Allah nanti bisa menambah nilai di Kabupaten Temanggung,” tandasnya.

Inovasi semacam ini menjadi penting, kata Ripto, selain dana alokasi umum (DAU), Kementerian Keuangan memberi kesempatan kepada pemerintah daerah untuk mengakses dana insentif melalui jalur prestasi. “Kalau juara di tingkat nasional kita dapat insentif yang bisa digunakan untuk pengembangan dan perbaikan di pemda,” tutupnya.

Dwi Sukarmei, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung yang mewakili BPBD Temanggung sangat mengapresiasi kompetisi semacam ini. Menurutnya, setiap OPD perlu inovasi dan kreatifitas. “Inovasi setiap hari harus terus dilakukan. Tujannya untuk mempermudah baik dari segi tata cara dan pelaksanaan beserta monitoring dan evaluasi dari masing-masing OPD. Harapannya ke depan lebih banyak diikuti semua perangkat daerah yang ada di Temanggung,” pungkasnya. (nan/lis)

 

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Populer