alexametrics

Olah Daun Kopi Jadi Camilan Lezat

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Di tangan Antoro Pringgo, daun kopi bisa diubah menjadi makanan yang cukup lezat. Stik daun kopi. Ide membuat camilan ini muncul ketika ia ke ladang melihat daun kopi yang tidak dimanfaatkan.

Daun yang dimaksud adalah daun autotrof atau yang tumbuh ke atas. Biasanya daun ini dibuang oleh petani, karena mengganggu pertumbuhan biji kopi. “Setelah itu saya mulai berpikir kenapa tidak dimanfaatkan daun kopi tersebut. Akhirnya saya mencari ide dan referensi di internet ternyata daun kopi bisa dimanfaatkan. Saya membuat sebuah inovasi yaitu pembuatan stik daun kopi,” katanya saat ditemu di rumahnya di Desa Jambon, Kecamatan Gemawang, Temanggung, Minggu (9/5/2021).

Baca juga:  Di Temanggung, 100 Ton Sampah Masuk TPA Setiap Hari

Proses pengolahan dimulai dari pembersihan daun muda. Kemudian dihaluskan, dicampur dengan terigu dan bumbu. Lalu digoreng menjadi stik. Produknya ini diberi nama Mr. Farmer.

Kini, Mr. Farmer dengan stik daun kopi semakin berkembang. Pemasarannya hingga beberapa daerah di luar Kabupaten Temanggung. Seperti Jogjakarta, Semarang dan kota-kota besar lainnya. Bisa pula dipesan melalui toko-toko online atau pusat oleh-oleh di beberapa kota di luar Temanggung.

Rike Setianingrum, salah satu konsumen Mr Farmer mengaku rasanya enak. Ia mengapresiasi pemuda tersebut lantaran mampu memaksimalkan potensi di desanya. “Rasanya juga cukup enak dan juga banyak variannya. Jadi bisa menyesuaikan dengan selera,” katanya. (cr2/lis)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya