alexametrics

Pelaku UMKM Temanggung Kebanjiran Order

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan (Dinkopdag) Kabupaten Temanggung menggagas gerakan belanja produk lokal. Gerakan ini ditujukan  bagi dinas dan instansi, baik ASN atau non-ASN.

Adi Nurtantio, sekretaris Dinkopdag Kabupaten Temanggung menjelaskan, teknis gerakan tersebut dengan cara mengirimkan surat edaran kepada UMKM yang ada di Temanggung untuk mengisi biodata usahanya.

Seperti nama produk, harga dan jenis produk yang dihasilkan. Data tersebut kemudian dikurasi, disortir dan dibuat dalam suatu katalog produk. Kemudian ditawarkan kepada 26 OPD di Temanggung.

Alhamdulillah, di luar dugaaan kami. Pesanan meledak. Sehingga dari pelaku UMKM sendiri malah kewalahan. Ini yang membuat kami ikut senang,” katanya ditemui di UMKM Center Temanggung, Rabu (5/5/2021).

Baca juga:  10.059 Orang Mendaftar CPNS, 2.367 Dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat

Rahmaningrum Widyapsari, kabid Koperasi dan UKM mengungkapkan ada 135 produk sektor kuliner baik makanan atau minuman yang sudah dibuatkan katalog dengan harga paket yang bervariasi. Mulai Rp 300 ribu, Rp 400 ribu dan Rp 500 ribu. Rahma mengaku, dalam satu minggu ini omset penjualan UKM tembus Rp 100 juta lebih dari 125 produk tersebut.

“Tapi ini sifatnya tidak pemaksaan, hanya imbauan. Antusiasnya luar biasa. Dan UKM-UKM yang tadinya penjualan masih kurang, ketika ada program ini mereka rata-rata mengeluh kewalahan. Bukan mengeluh sedih tapi mengeluh senang,” tuturnya.

Lili Zumrotin salah satu pelaku UMKM menyambut baik gerakan tersebut. Ia mengaku usaha kulinernya yang sempat terpuruk lantaran pandemi bisa bangkit kembali. “Peningkatan permintaan mencapai 300 persen dalam program ini. Dan cukup membuat kewalahan,” ujarnya.

Baca juga:  Terminal Ngadirejo Dijadikan Pusat Kreativitas

Ia berharap program seperti ini tidak hanya menjelang hari raya. Tapi berkelanjutan agar para pelaku usaha lebih giat melakukan aktifitas usahanya untuk meningkatkan perekonomian. (cr2/lis)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya