alexametrics

Pemohon Izin Usaha Melonjak

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Beberapa hari terakhir terjadi lonjakan permohonan izin usaha di Dinas Penanaman Modal (DPM) Kabupaten Temanggung. Kenaikan ini berasal dari para pelaku UMKM untuk syarat mendapat bantuan dari pemerintah pusat.

Dinas Penanaman Modal Kabupaten Temanggung mencatat 83 pemohon pada hari Senin (19/4/2021) dan 142 pemohon pada Rabu (21/4/2021) kemarin. Jumlah tersebut meningkat tajam dibanding sebelum terbitnya surat edaran tentang bantuan dari pemerintah dengan angka rata-rata 80 pemohon setiap hari.

Permohonan izin usaha khusus untuk syarat mendapat bantuan dari pemerintah pusat sendiri akan ditutup pada Kamis (22/4/2021) ini.  “Sebelum ada pengumuman bantuan presiden, rata-rata per hari hanya 24 sampai 30 pemohon,” kata Arif Agung Susapto, kabid Perizinan Dinas Penanaman Modal Kabupaten Temanggung Rabu (21/4/2021) kemarin.

Baca juga:  Minyak Masih Mahal, Ukuran Kerupuk Diperkecil

Lanjut Agung jenis usaha yang banyak diajukan adalah usaha mikro kecil seperti toko kelontong, penjual gorengan, pengecer gas atau bahan bakar serta IKM lainnya. Besaran yang didapatkan bagi pemohon yang lolos administrasi Rp 1,2 juta. Teknis pelaksanaannya dilakukan oleh Dinas Koperasi, Usaha Mikro Menengah dan Perdagangan (Dinkopdag) Kabupeten Temanggung.

“Ada bantuan dari Presiden lewat Dinkopdag Rp 1,2 juta. Nah, di surat edaran itu syaratnya harus punya Nomor Induk Berusaha (NIB). Sehingga semua pada ngurus ke sini,” tuturnya.

Agung menduga faktor pandemi dan momen mendekati Lebaran menjadi penyebab utama banyak pemohon yang mengajukan pembuatan izin usaha untuk mendapat bantuan.

Untuk membuat izin usaha sendiri cukup mudah, hanya bermodalkam KTP dan email aktif dengan mengisi pertanyaan di aplikasi One Single Submission (OSS) dari Dinas Penanaman Modal. Sistem seperti ini dinilai rawan kecurangan, proses pembuatan izin usaha yang sangat mudah tersebut dikhawatirkan membuat alokasi bantuan yang diberikan menjadi tidak tepat sasaran.

Baca juga:  19 Kecamatan di Temanggung Siap Panen Tembakau

“Untuk izin usaha tanpa komitmen. Maksudnya orang daftar ke sini langsung datang ya selesai, cuma modal email sama KTP. Tidak ada peninjauan lapangan karena memang tidak ada komitmen. Ini buat dari rumah saja juga bisa,” akunya.

Kendati demikian, Agung menjelaskan tidak semua pemohon akan mendapat bantuan. Nomor Induk Berusaha (NIB) hanya  sebagai syarat untuk mendapat bantuan. Vita Hesti Ningrum, salah satu pemohon yang sedang mengantre berharap bisa mendapat bantuan yang nantinya untuk tambahan modal mengembangkan usaha. (cr2/lis)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya