alexametrics

Bupati Temanggung: Penyusutan Lahan Hijau Sangat Cepat Sekali

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Permasalahan lingkungan yang terjadi di Kabupaten Temanggung beberapa bulan terakhir menarik perhatian Bupati Temanggung MH Al Khadziq.

Ia menyoroti banjir yang terjadi di belakangan ini. Setiap hujan deras melanda Temanggung lebih dari satu jam, terhadi banjir di mana-mana. “Setelah PU saya tugaskan untuk meneliti dan mengunjungi lapangan, hampir semua banjir yang terjadi karena meluapnya saluran-saluran air yang tidak mencukupi. Setelah diteliti karena sampah masuk dan menutup saluran sehingga air meluap ke mana-mana,” ,” tutur Khadziq.

Kedua, terjadinya degradasi lingkungan yang semakin tinggi. Bupati mengaku semakin banyak lahan yang dibangun perumahan di Kabupaten Temanggung. Faktor lainnya adalah cara bercocok tanam warga yang dinilai kurang tepat untuk diterapkan. “Penyusutan lahan hijau itu sangat cepat sekali, selain penyusutan lahan untuk kawasan perumahan, masalah lainnya adalah cara bercocok tanam sekarang yang menggunakan mulsa plastik jugasemakin mempersempit area penyerapan air,” jelasnya.

Baca juga:  Jelang Lebaran, Harga Bahan Pokok Stabil

Dalam jangka pendek, ia akan melakukan pembersihan selokan-selokan dan saluran air. Sedangkan penanganan jangka panjangnya, Bupati mengajak masyarakat menanam banyak pohon dan mengubah pola tanam di masyarakat agar tidak membahayakan lingkungan. “Kenapa harus menanam pohon, karena lingkungan kita semakin hari semakin kering sehingga resapan air makin sedikit. Inilah salah satu sebab kenapa jumlah mata air di Temanggung berkurang terus,” katanya. (cr2/ton)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya