alexametrics

Ramadan, Stok Darah Temanggung Aman

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Palang Merah Indonesia Cabang Kabupaten Temanggung menjamin stok darah aman selama Ramadan 1442 Hijriah. Meskipun penyumbang darah berkurang. “Pada bulan puasa para pendonor memang berkurang. Namun permintaan juga turun sehingga masih bisa terpenuhi,” kata Sri Rejeki, kepala markas PMI Cabang Temanggung, Kamis (15/4/2021).

Untuk memenuhi stok darah selama bulan puasa pihaknya melakukan jemput bola di pos-pos donor darah di luar komunitas muslim, seperti di gereja dan wihara. “Selain di gereja dan wihara, kami juga tetap menyelenggarakan donor darah bagi komunitas muslim yang dilakukan pada malam hari,” imbuhnya.

Ia mengatakan, saat ini stok darah di PMI untuk golongan darah A sebanyak 36 kantong, golongan darah B sebanyak 72 kantong. Golongan darah O sejumlah 113 kantong dan AB sebanyak 35 kantong. Ketersediaan itu baik yang darah lengkap, trombosit dan sel darah merah.

Baca juga:  Ngopi Sore Temanggungan Kembali Digelar

Ditambahkan staf markas PMI, Tasrif stok aman darah pada saat Lebaran minimal per golongan 15 kantong. Lantaran kebutuhan darah saat Lebaran tidak bisa diprediksi. “Ada sekitar 85 kantong darah di Temanggung yang berbasis sekolah, kantor, ormas, dan agama atau komunitas. Kesadaran dalam donor darah juga terus bertambah. Sehingga dalam hari-hari normal tidak ada permasalahan stok darah,” katanya.

Tasrif menegaskan, kebutuhan meningkat dan kebetulan PMI Temanggung tidak memiliki stok maka akan meminta ke PMI di sekitar Temanggung. Seperti Magelang, Wonosobo, Jogjakarta dan sebaliknya. (cr2/lis)

 

 

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya