alexametrics

Bappeda Temanggung Genjot Kreativitas dan Inovasi Baru

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Untuk meningkatkan kualitas pembangunan daerah, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Temanggung terus melakukan pembenahan dan inovasi bersama masyarakat.

“Kami ingin seluruh komponen masyarakat ikut terlibat dalam pembangunan Kabupaten Temanggung. Dengan memberikan ide kreatif dan inovatif, yang dapat membantu pembangunan di Kabupaten Temanggung,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Temanggung Ripto Susilo.

Ripto mengatakan Bappeda juga terbuka pada masyarakat. Dengan masyarakat ikut memberikan ide kepada pemerintah, dapat membantu pemerintah agar bisa seiring sejalan, selaras antara program pemerintah dengan kebutuhan masyarakat saat ini.

Dalam hari jadi ke-186 Kabupaten Temanggung, Bappeda memberikan kado, berupa inovasi terbaru. Salah satunya, inovasi pengentasan kemiskinan yang melibatkan masyarakat luas. “Prinsipnya kami ingin menggeser pola pikir masyarakat yang beranggapan selama ini kemiskinan itu menjadi tanggung jawab pemerintah. Dalam praktiknya, kemiskinan menjadi tanggung jawab bersama,” tegasnya.

Baca juga:  PMI Temanggung Masih Minim Sarpras

Inovasi ini meraih penghargaan pembangunan daerah (PPD) 2020 kategori perencanaan dan pencapaian terbaik tingkat kabupaten. Kabupaten Temanggung memperoleh titel terbaik pertama tingkat nasional. “Meskipun sudah mendapatkan predikat terbaik, kami masih harus terus untuk memberikan inovasi-inovasi terbaru untuk Kabupaten Temanggung. Selain itu, kami juga ingin hal ini dapat diterapkan di Kabupaten Temanggung. Tidak hanya perencanaan, tapi juga harus ditindaklanjuti,” tegasnya.

Bappeda juga mengembangkan inovasi-inovasi baru. Seperti, drone semprot untuk membantu pertanian dan hidroponik organik. Keduanya, mendapatkan penghargaan Kreativitas Inovasi Masyarakat (KRENOVA) tingkat Provinsi Jawa Tengah yang digelar Kemenristek. “Kami juga masuk ke dalam sembilan besar nominasi penghargaan Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) Provinsi Jawa Tengah,” ucapnya. (cr1/lis/bas)

Baca juga:  Warga Langsung Mual dan Pusing Setelah Makan Tongkol Bantuan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya