alexametrics

Pemkab Tetap Lakukan Analisa Kenaikan UMK

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Pemerintah Kabupaten Temanggung tetap akan mengkaji kenaikan upah minimum. Meskipun Menteri Ketenagakerjaan telah mengeluarkan surat edaran Nomor M/11/HK.04/2020 yang memutuskan untuk tidak menaikkan UMP.

Bupati Temanggung HM Al Khadziq mengaku meminta Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Temanggung dan Asisten II agar segera berkoordinasi dengan Biro Pusat Statistik, Dewan Pengupahan dan tripartit agar segera menggelar rapat bersama. Langkah itu guna menyusun besaran upah minimum kabupaten 2021, mengingat penentuan angka UMK ini harus berdasar kepada indeks kebutuhan hidup layak.

Untuk menentukan indeks hidup layak harus melalui survei terlebih dahulu. Maka Khadziq minta kepada BPS dan Dewan Pengupahan untuk segera melakukan survei pasar menentukan indeksnya, kemudian melakukan rapat pengupahan yang terdiri dari tripartit ini menentukan besaran UMK. “Selanjutnya akan kita laporkan kepada gubernur yang mana UMK ini nantinya akan menjadi salah satu komponen penentu UMP,” bebernya. (tbh/ton/bas)

Baca juga:  Awasi Proses Mutasi Jabatan

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya