alexametrics

Tani Pekarangan Jaga Lumbung Pangan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Bupati Temanggung M Al Khadziq mencanangkan gerakan pemanfaatan tani pekarangan di Kabupaten Temanggung Senin (28/9/2020). Pencanangan yang dilakukan di Desa Klepu Kecamatan Pringsurat itu merupakan bagian upaya untuk meningkatkan kemandirian desa dalam pemenuhan kebutuhan nutrisi rumah tangga.

“Pada era pendemi covid-19 seperti ini pangan merupakan kebutuhan masyarakat yang harus selalu terjaga ketersediaannya sampai ke skala rumah tangga dalam jumlah yang cukup dan aman untuk dikonsumsi,” ungkap Khadziq.

Program tani pekarangan merupakan salah satu program yang tepat untuk dilaksanakan. Masyarakat harus mulai memanfaatkan pekarangan melalui tani pekarangan sekecil apapun itu. Apabila pekarangan dimanfaatkan dengan baik maka akan dapat meningkatkan ekonomi dan mengurangi pengeluaran rumah tangga. Lumbung pangan juga terjaga. “Ayo kita tularkan program ini ke seluruh masyarakat Kabupaten Temanggung sehingga masyarakat tambah sejahtera” ajaknya.

Baca juga:  Pedagang Sayur Raup Rp 51 Juta dari ‘Uang Gaib’

Kepala Desa Klepu Endro P mengaku sudah mengawali program tani pekarangan sejak Agustus lalu. “Saat ini masyarakat juga sudah merasakan hasilnya dari bercocok tanam di pekarangan masing-masing. Mereka sudah bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari dari hasil tani pekarangan,” ujarnya. (tbh/ton/lis/bas)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya