alexametrics

Maksimalkan Pembelian Tembakau

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – DPRD Kabupaten Temanggung dampingi perwakilan kepala desa yang tergabung paguyuban Mangku Praja mengunjungi perwakilan pabrik rokok di Temanggung, Jumat (18/9/2020). Mereka berharap agar pabrikan terus meningkatkan pembelian tembakau di tingkat petani dan menaikan harganya sesuai dengan kualitas tembakau.

Ketua DPRD Temanggung Yunianto menyampaikan kunjungannya tersebut merupakan tindak lanjut setelah menerima aspirasi para kades di Temanggung. “Silaturahmi ke perwakilan Gudang Garam dan Djarum setelah menerima aspirasi masyarakat pertembakauan yang diwakili para kepala desa. Kondisi di lapangan jumlah pembelian yang dilakukan memang rendah harga juga menurun,” ungkapnya.

Dirinya juga menilai pembelian pabrikan Gudang Garam dan Djarum tidak seimbang sehingga tidak ada kompetisi harga yang membuat harga tidak mengalami kenaikan. Selain itu dampak pandemi Covid-19 memang berpengaruh besar pada dunia pertembakauan.

Baca juga:  Kampung Tematik Semarang, Hidup Segan Mati Tak Mau

“Adanya sisa waktu ini kita minta pabrikan bisa maksimalkan untuk pembelian tembakau Temanggung yang berkualitas maka korelasinya pembelian dan harga harus bagus,” katanya.

Sementara itu, Warsidi salah seorang perwakilan kades yang mewakili petani mengatakan, harga tembakau sejak awal panen tahun ini memang rendah. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang dinamikanya lebih hidup, karena pembelian dari PT Gudang Garam dan PT Djarum kompetitif.

“Sekarang harga tidak beranjak segitu-gitu aja, sehingga tidak bisa menutup biaya tanam. Kalau kami istilahkan harganya hanya di kisaran Rp 45 ribu, paling banyak Rp 50 ribu. Djarum itu membelinya baru-baru saja,” ujarnya.

Perwakilan PT Gudang Garam di Temanggung Tjong They atau Hartanto menuturkan, sampai saat ini masih terus melakukan pembelian. Soal harga dia mengatakan asal kualitas baik pasti dibeli dengan harga tinggi.

Baca juga:  Kado Robot Pembantu Medis dari Mahasiswa

“Tidak usah khawatir pembelian tetap akan jalan terus. Kita akan lakukan yang terbaik untuk semuanya. Asalkan kualitas baik akan dihargai dengan baik,” ujarnya.

Perwakilan PT Djarum di Temanggung Hendro menuturkan, pihaknya juga masih melakukan pembelian. Bahkan per hari bisa mencapai 1.000 keranjang. Tidak hanya milik mitra saja, tapi tembakau milik petani di luar mitra juga dibeli jika memang kualitasnya bagus. (tbh/lis/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya