Layani Difabel dengan Berkeliling

148
Petugas BBRSPDI Kartini Temanggung saat menerima konsultasi para penyandang disabilitas yang didampingi keluarganya. (Tabah Riyadi / Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual (BBRSPDI) Kartini Temanggung menggelar kegiatan unit pelayanan sosial keliling (UPSK) di beberapa daerah. Di antaranya di Kecamatan Bulu, Ngadirejo, Tembarak, dan Kandangan.

Kegiatan yang sama sebelumnya juga dilaksanakan di Kabupaten Magelang dan Kota Magelang pada minggu lalu. “Untuk di wilayah Temanggung kami targetkan menyasar 200 orang penyandang disabilitas intelektual yang ada di empat kecamatan itu,” terang Pelaksana Tugas Kepala BBRSPDI Kartini Langgeng Setiawan Senin (14/9/2020).

Disampaikan olehnya, kegiatan UPSK merupakan salah satu akses atensi rehabilitasi sosial penyandang disabilitas yang dilaksanakan BBRSPDI Kartini Temanggung. Kegiatan ini bersifat lintas sektoral perlu keterlibatan berbagai instansi terkait. Utamanya jajaran pemerintah daerah di lokasi kegiatan. “UPSK juga dilaksanakan untuk mengantisipasi keterbatasan sarana pelayanan sosial yang ada saat ini,” terangnya.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan bagian upaya untuk melaksanakan assesment awal. Data yang didapat kemudian dipetakan sesuai kemampuan penerima manfaat, potensi lingkungan, kondisi serta dukungan keluarga dan masyarakat untuk memperoleh layanan berbasis residensial berbasis keluarga, berbasis masyarakat dan atau referral ke lembaga lain sesuai kedisabilitasannya. (tbh/ton/bas)