alexametrics

Kepala DLH Temanggung Dilantik di Tengah Sampah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Bupati Temanggung HM Al Khadziq melantik Kepala Dinas Lingkungan Hidup Entargo Yutri Wardono di tengah tumpukan sampah Rabu (2/9/2020). Pelantikan di tempat pembuangan akhir (TPA) Sampah Sanggrahan tersebut  untuk menunjukan sampah menjadi masalah yang harus diselesaikan oleh kepala dinas baru itu.

Khadziq menyampaikan pelantikan kali ini sengaja dilaksanakan terpisah dengan pelantikan kepala dinas perhubungan dan 71 eselon tiga yang digelar di Pendopo Pengayoman hari itu juga. “Kepala dinas ini kita lantik di depan masalah yang harus diatasi (sampah, Red). Jadi jangan sampai kepala Dinas Lingkungan Hidup ini berjarak dengan masalah dan inilah tugas utama dia,” ujarnya.

Menurutnya tahun ini Pemkab Temanggung menjalankan program Temanggung bebas sampah. Maka,  dia menegaskan tugas kepala Dinas Lingkungan Hidup adalah menuntaskan masalah-masalah lingkungan hidup termasuk persoalan sampah yang sangat rumit.

Baca juga:  Amankan 769.595 Kapsul Obat Tanpa Izin Edar

Khadziq juga menyatakan masalah sampah di TPA adalah ujung dari proses sebelumnya yang sangat kompleks mulai dari rumah tangga. Setiap orang mulai lahir hingga meninggal selalu memproduksi sampah. “Penyelesaian ini tidak cukup hanya mengumpulkan, mengangkutnya. Tapi harus ada edukasi kepada masyarakat mulai dari rumah ke rumah,” jelasnya.

Sementara itu, kepala pemulung pemilah sampah nonorganik TPA Sanggrahan, Yuliatko berharap kepala dinas baru dapat menyelesaikan masalah sampah yang selalu menumpuk di TPA. “Sehingga sampah-sampah yang masuk ke sini adalah sampah-sampah yang residu dan sudah dipilah dari rumah,” harapnya.

Pada hari yang sama Bupati Temanggung juga melantik Supriyanto sebagai kepala Dinas Perhubungan yang sebelumnya sebagai kepala Kesbangpol Kabupaten Temanggung dan 71 eselon dua di Pendopo Pengayoman. (tbh/lis/bas)

Baca juga:  Pelaku Pembunuhan Pernah Check In di Hotel yang Sama dengan Wanita Lain

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya