alexametrics

Yang Boleh Pentas Hanya Seniman Lokal Temanggung

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung Pemerintah Kabupaten Temanggung akhirnya memperbolehkan gelaran pertunjukan seni dan budaya. Namun demikian pertunjukan tersebut hanya diperuntukkan oleh seniman lokal Temanggung.

Keputusan tersebut tertuang dalam surat Edaran (SE) Bupati Temanggung Nomor 453/430 Tahun 2020 tanggal 24 Agustus 2020 tentang Panduan Pengendalian dan Pencegahan Covid-19 dalam Penyelenggaraan Kegiatan Pertunjukan Seni Budaya Di Kabupaten Temanggung.

“Dalam surat ini semua lokal Temanggung, tidak diperbolehkan mendatangkan artis atau apapun dari luar daerah,” ungkap Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan SDM Pendidikan dan Kebudayaan Setda Temanggung Tri Raharjo di Pendopo Jenar kantor bupati setempat Senin (24/8/2020).

Dalam surat tersebut, bupati menegaskan dalam penyelenggaraan pentas, panitia harus bertanggung jawab penuh dalam gelaran. Panitia juga wajib menandatangani surat pernyataan di atas materai Rp 6.000 yang berisi pernyataan kesanggupan untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19, serta sanggup menerapkan semua ketentuan yang diatur dalam Surat Edaran Bupati. “Ada sanksi tersendiri jika panitia dinilai sudah tidak mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan,” katanya.

Baca juga:  Polsubsektor Disiapkan jadi Polsek Kledung

Panitia juga diwajibkan mengajukan permohonan izin penyelenggaraan kegiatan terlebih dahulu kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sesuai dengan tingkatannya. “Setelah mendapat izin seni pertunjukan dari gugus tugas, dalam pelaksanaan izin keramaian tetap mengacu sesuai ketentuan yang berlaku, yaitu mengurus izin di kepolisian,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, selama pandemi Covid-19 berdampak negatif terhadap seluruh sektor kehidupan masyarakat. Namun di tengah pandemi tersebut masyarakat tetap membutuhkan pertunjukan seni dan budaya, selain untuk menjaga warisan seni budaya leluhur juga untuk mencukupi kebutuhan hiburan masyarakat. (tbh/lis/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya