alexametrics

Irigasi Tingal Digelontor Rp 19 Miliar

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Pemerintah gelontorkan dana APBN sebesar Rp 19 miliar untuk pembangunan irigasi Tingal Kanan di Desa Geblog Kecamatan Kaloran tahun 2020 ini. Pembangunannya sendiri akan dilakukan hingga 2023 dengan penganggaran secara multiyears.

“Anggaran tahun 2020 sebesar Rp 19 miliar dimanfaatkan untuk membangun jaringan primer dan sekunder sepanjang 1.300 meter,” ungkap Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Opak Serayu, Dwi Purwantoro, saat menghadiri sosialisasi dan doa bersama pelaksanaan pekerjaan pembangunan jaringan irigasi Tingal Kanan di Desa Geblog Kecamatan Kaloran, Rabu (19/8/2020).

Disampaikan, proses pembangunan sendiri sudah dimulai sejak tahun 2018. Mulai dari pembebasan lahan dengan memanfaatkan anggaran dari APBD Provinsi Jawa Tengah. “Jika program ini selesai, maka akan akan dapat mengairi 1.050 hektare sawah di 13 desa pada Kecamatan Kranggan dan Kaloran,” bebernya.

Baca juga:  Tanam 550 Pohon, Tebar 2500 Ikan

Menurutnya pembangunan sektor irigasi ini merupakan program terbesar ke dua setelah Bendung Progo Pistan. “Semoga semuanya dimudahkan dalam pelaksanaannya dan dapat bermanfaat untuk masyarakat Kabupaten Temanggung utamanya dalam pertanian,” harapnya.

Sementara itu Bupati Temanggung HM Al Khadziq menyampaikan irigasi dan pengairan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat di Temanggung. Utamanya ketika musim kemarau tiba.

“Kabupaten Temanggung akhir-akhir ini mengalami penurunan debit air. Bahkan banyak mata air yang mati karena semakin berkurangnya daerah resapan air serta daerah tangkapan air,” tuturnya.

Selain itu, lanjutnya pengairan sangat penting di masa pandemi Covid-19 ini, karena ancaman krisis pangan di masa pandemi ini sangat nyata. “Maka pengairan teknis ini sangat penting untuk meningkatkan produktifitas pangan yang pada akhirnya dapat mengatasi ancaman krisis pangan,” terangnya. (tbh/lis/bas)

Baca juga:  Meski Tenaga Kontrak, Pendapatan P3K Setara PNS

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya