Pabrik Kayu Terbakar, Butuh Tujuh Jam Padamkan Api

Para petugas Damkar berusaha keras memadamkan api yang membakar pabrik UD Berkah Anta Karya Desa Kembangsari, Kandangan Temanggung Minggu (17/5/2020) dini hari. (Istimewa)

RADARSEMARANG.ID, Temanggung Si jago merah kembali meluluhlantakkan pabrik kayu di Desa Kembangsari, Kecamatan Kandangan, Minggu (17/5/2020) dini hari. Kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, namun kerugian yang ditanggung pabrik kayu belcor, UD Berkah Anta Karya mencapai ratusan juta.

Kapolres Temanggung AKBP Muhamad Ali melalui Kasatreskrim AKP M Alfan Armin menyampaikan peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 02.30 dini hari. “Kejadian pertama kali diketahui oleh petugas yang melihat api berasal dari ruangan oven pada sekitar mesin overdry atau pengeringan kayu. Lalu penjaga pabrik melaporkan kejadian tersebut ke pemilik dan pemadam kebakaran,” terangnya.

Kerugian ditaksir lebih dari Rp 200 juta. “Penyebab kebakaran diduga akibat dari korslet pada mesin overdry atau mesin pengeringan yang mengeluarkan percikan api kemudian merembet,” paparnya.

Sementara itu, Kabid Linmas dan Damkar Satpol PP Kabupaten Temanggung, Gito Walngadi mengungkapkan membutuhkan waktu tujuh jam untuk bisa menjinakan si jago merah itu. “Kita mengalami kesulitan karena bara api yang berasal dari kayu sangat banyak. Asapnyapun sangat tebal sehingga butuh waktu lama untuk betul-betul bisa padam,” jelasnya.

Bahkan beberapa personel Damkar juga harus mendapatkan pertolongan medis karena kelelahan dalam berjibaku memadamkan api. “Beberapa anggota mengalami kekurangan supply oksigen dikarenakan kondisi tubuh yang belum sempat makan sahur dan juga  terlalu banyak menghitup zat karbon dioksida yang berasal dari kepulan asap. Maka sempat harus dibantu alat pernafasan oleh tenaga medis dari PMI,” jelasnya.

Untuk memadamkan amukan si jago merah, pihaknya menerjunkan 15 personel Damkar beserta delapan unit mobil kebakaran. “Alhamdulillah semuanya berjalan dengan aman, meski kerugian mencapai ratusan juta rupiah,” ungkapnya. (tbh/lis/bas)





Tinggalkan Balasan