alexametrics

Lisus dan Banjir Porak-Porandakan Temanggung

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Bencana alam puting beliung dan banjir melanda Kabupaten Temanggung Rabu (11/3/2020). Sedikitnya ada 4 titik banjir dan 4 titik puting beliung yang mengakibatkan kerusakan di sejumlah rumah milik  warga maupun fasilitas umum.

Adapun empat desa yang dilanda angin puting beliung yakni Dusun Kamal Desa Kundisari Kecamatan Kedu, Lingkungan Coyudan RT 2 RW 16 Kelurahan Parakan Kecamatan Parakan dan Lingkungan Coyudan RT 2 RW 14 Kelurahan Parakan Kecamatan Parakan.

Sementara banjir terjadi di pertigaan Dusun Growo Desa Danupayan, kemudian di Jalan Raya Temanggung-Parakan Dusun Depok Desa Mondoretno, Kelurahan Jurang RT 05 RW 01 Jalan Perintis Kemerdekaan  Kecamatan Temanggung. Dan di Kelurahan Butuh Kecamatan Temanggung.

Baca juga:  Tenaga Kesehatan Digelontor Insentif Rp 2,9 M

“Sore ini (kemarin, red) di Kabupaten Temanggung memang terjadi berapa musibah puting beliung dan banjir,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Temanggung, Djoko Prasetyono.

Rumah warga rusak disapu angin lisus Rabu (11/3/2020) kemarin. Selain itu banjir juga melanda beberapa wilayah Temanggung. (Istimewa)

Akibat kejadian tersebut, sedikitnya ada sekitar 27 rumah dan fasilitas umum mengalami kerusakan “Ada yang rusak ringan maupun menengah. Semuanya akan kami tangani, baik korban perumahan maupun fasilitas umum nanti akan kami tangani sebaik-baiknya,” bebernya.

Sementara itu Heri setiyawan Kadus Kundisari Kecamatan Kedu menyampaikan bahwa kejadian puting beliung terjadi pukul 13.44. “Saat itu angin datang dari barat dan menerobos rumah-rumah warga,” ucapnya.

Menurutnya kejadian itu tidak berlangsung lama namun mampu memporak-porandakan belasan rumah warga. “Rata-rata kerusakan hanya di bagian atap saja, memang sebelum angin itu datang sebelumnya disertai oleh hujan,” bebernya.

Baca juga:  Tertimpa Longsor, Satu Tewas, Satu Luka Berat

Saat ini BPBD Temanggung masih berupaya melakukan pendataan lebih lanjut. Selain itu BPBD juga berusaha memberikan bantuan logistik maupun material kepada para korban yang terdampak bencana. (tbh/lis/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya