alexametrics

Puskesmas Dharma Rini Rawan Terseret Longsor

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Temanggung mengakibatkan longsor di Puskesmas Dharma Rini Kecamatan Temanggung, Minggu (8/3/2020) malam. Bahkan musibah longsor yang terjadi sekitar pukul 23.30 tersebut mengakibatkan senderan yang berada di samping Puskesmas amblas.

“Akibatnya halaman parkir puskesmas juga hanyut terbawa longsor,” ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung Djoko Prasetyono.

Longsor sepanjang 25 meter dengan tinggi 4 meter tersebut menimbulkan kerugian mencapai Rp 100 juta. Saat ini lokasi parkir puskesmas itupun telah diberikan pembatas sebagai tanda rawan bahaya.

Bencana longsor juga terjadi di Dusun Tawangsari Desa Krasak Kecamatan Selomerto Kabupaten Wonosobo. Tebing setinggi 30 meter runtuh dan menutup saluran air yang mengaliri kolam dan sawah seluas kurang lebih 30 hektare.

Baca juga:  Darurat, Langsung Lapor Pak Kapolres

Danramil Selomerto Kapten Inf Kusno Miharto menyampaikan, longsor terjadi setelah Selomerto diguyur hujan selama beberapa jam pada Minggu (8/3/2020) sekitar pukul 04.00 sore. Beruntung, tebing tersebut tidak berdekatan dengan permukiman warga sehingga tidak sampai merenggut korban jiwa.

“Namun, kita perlu untuk terus berhati-hati. Sebab kejadian seperti ini tidak bisa kita prediksi. Apalagi Kabupaten Wonosobo memang salah satu daerah pegunungan yang memiliki banyak tebing,” terangnya. (tbh/git/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya