Pencairan Tunggu Perbup

249
Gema Artisti. (TABAH RIYADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
Gema Artisti. (TABAH RIYADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.ID,  TEMANGGUNG – Dana Desa tahun 2020 di Kabupaten Temanggung hingga saat ini belum bias dicairkan. Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermades) Kabupaten Temanggung masih menunggu peraturan bupati (perbup) terbaru tentang dana desa setelah adanya perubahan peraturan menteri keuangan.

Kepala Dinpermades Kabupaten Temanggung Gema Artisti menyampaikan bahwa perbup itu saat ini masih disusun. “Saat ini masih di Bagian Hukum. Kita memang harus melakukan perubahan perbup karena dari pusat ada perubahan juga,” terangnya.

Gema mengaku masih belum bisa memastikan kapan perbup tersebut akan diteken oleh Bupati, sehingga ia belum dapat memastikan kapan dana desa akan mulai dikucurkan. “Sambil menunggu Perbup, kami juga sudah sampaikan surat kepada pemerintah desa agar mengajukan surat permohonan penyaluran yang dilengkapi berbagai persyaratan,” bebernya.

anggaran dana desa tahun 2020 dipastikan mengalami kenaikan. Tahun lalu tersedia anggaran sekitar Rp 241 miliar untuk 266 desa kini meningkat mencapai Rp 250,7 miliar. “Jika dulu pengucurannya dibagi tiga tahap dengan persentase 20 tahap pertama, 40 tahap kedua dan tiga, kini diubah 40 persen untuk tahap pertama dan kedua, 20 persen tahap ke tiga,” jelasnya. (tbh/ton)





Tinggalkan Balasan