alexametrics

Dua Puluh Kecamatan Rawan Bencana

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID Temanggung – Seluruh kecamatan di Kabupaten Temanggung berpotensi terkena bencana alam. Jenis bencana alamnya antara lain tanah longsor, puting beliuang dan banjir.

“Kerawanan bencana alam di temanggung itu memang tanah longsor, puting beliung dan banjir bandang di seluh kecamatan yang ada di Temanggung. Untuk titiknya bermacam karena bencana alam itu tidak bisa diprediksi bisa saja berpindah-pindah,” ungkap Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung Gito Walngadi.
Untuk bencana banjir, lanjutnya, berpotensi di empat kecamatan yakni Kecamatan Temanggung, Parakan, Candiroto dan Bejen. “Keempat kecamatan itu sering banjir karena terjadi luapan air sungai akibat air kiriman atau banjir bandang. Bukan banjir yang seperti di Jakarta,” ujarnya.

Baca juga:  Ratusan Siswa di Temanggung Dibekali Wawasan Kebangsaan

Empat sungai yang sering menimbulkan banjir tersebut yakni Kali Kuas di Kecamatan Temanggung, Kali Galeh di Kecamatan Parakan, Kali Trocoh di Kecamatan Candiroto dan Kali Putih di Kecamatan Bejen. “Empat sungai ini memang sering mengalami banjir bandang dan perlu diwaspadai,”ucapnya.

Sementara untuk bencana longsor menurut Gito mengancam 16 kecamatan di Kabupaten Temanggung yang memang banyak memiliki daerah perbukitan. “Namun yang paling berpotensi ada sekitar 7 kecamatan yakni Kecamatan Kandangan, Pringsurat, Tretep, Wonoboyo, Kranggan, Gemawang dan Jumo,” tuturnya.

Dari 16 kecamatan yang berpotensi terjadi tanah longsor, 216 desa di dalamnya yang berpotensi terdampak. “Namun yang paling rawan ada sekitar 35 desa,” tandasnya.

Baca juga:  Kejari Bisa Bantu Tagih Tunggakan Pelanggan

Ia mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap tiga potensi bencana alam tersebut. Mengingat di bulan Januari dan Februari potensi curah hujan diprediksi tinggi. “Jika terjadi hujan deras dan mendung tebal alangkah baiknya segera berteduh di tempat yang aman. Sementara rumah yang dekat tebing saya harap bisa selalu waspada demi keselamatannya,” pesan Gito. (tbh/lis)

Kecamatan Rawan Banjir
Temanggung
Parakan
Candiroto
Bejen

Kecamatan Rawan Longsor
Kandangan
Pringsurat
Tretep
Wonoboyo
Kranggan
Gemawang
Jumo

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya