Birokrasi Dilarang Hamburkan Uang

345

RADARSEMARANG.ID, TEMANGGUNG- Bupati Temanggung M Al Khadziq meminta seluruh instansi pemerintahan menyusun dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) yang memiliki manfaat untuk masyarakat. Pasalnya selama ini ia melihat kebiasaan birokrasi menyusun dan melaksanakan DPA tanpa ada perhitungan.

“Saya minta semua pihak agar dalam penyusunan ataupun pembelanjaan anggaran itu serupiah demi serupiah itu bermanfaat bagi masyarakat ke depannya,” ungkap Khadziq.
Menurutnya selama ini birokrasi pemerintah selalu menghambur-hamburkan uang negara tanpa ada perhitungan. “Birokrasi itu kan kebiasaannya mentang-mentang pagunya Rp 1 miliar dihabis-habiskan. Sesungguhnya belanjanya hanya Rp 700 juta dimolor-molorkan biar genap Rp 1 miliar,” ucapnya.

Untuk menggenapi pagu Rp 1 miliar tersebut maka para birokrasi membelanjakan untuk hal-hal yang tidak penting. “Dengan belanja-belanja yang tidak penting seperti alat tulis, perjalanan dinas, konsumsi kalau itu dijumlah seluruh kabupaten Temanggung kan jumlahnya sangat besar. Padahal di tubuh pemerintah ini kegiatannya ada ratusan kegiatan,”ujarnya.
Orang nomer satu di Temanggung itu juga meminta setiap kepala dinas untuk melakukan inovasi dan tidak hanya bekerja berdasarkan DPA. “Kalau hanya berdasar DPA saja maka setiap orang bisa menjadi kepala dinas, tetapi harus ada tingkat pertanggungjawaban sosial yang lebih dari pada sekadar melaksanakan DPA,” katanya. (tbh/ton)