Cakades Badran Bakal Diuji

281
Agus Sarwono. (TABAH RIYADI / JAWA POS RADAR KEDU)
Agus Sarwono. (TABAH RIYADI / JAWA POS RADAR KEDU)

RADARSEMARANG.ID, TEMANGGUNG – Panitia Pilkades Desa Badran Kecamatan Kranggan akan menggelar uji kompetensi untuk para pendaftar calon kades. Sebab hingga pendaftaran berakhir, tercatat ada tujuh peminat yang mendaftarkan diri.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Temanggung, Agus Sarwono mengungkapkan, dari 215 desa yang akan menggelar pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Temanggung, ada satu desa yang harus melakukan uji kompetensi. “Uji kompetensi itu perlu dilakukan bagi bakal calon Kapal Desa Badran, Kecamatan Kranggan karena pendaftarnya lebih dari lima orang,” ucapnya.

Uji kompetensi bagi bakal calon kades tersebut akan dilaksanakan pada 2 Januari 2020 mendatang. “Sesuai peraturan pelaksanaan pilkades, calon kades yang mengikuti pilkades maksimal hanya lima orang, maka untuk menentukan lima orang calon tersebut dilakukan uji kempetensi melalui ujian tertulis tersebut,” terangnya.

Untuk lokasi uji kompetensi nantinya akan digelar di Balai Desa Badran oleh panitia pilkades setempat. Sedangkan soal uji kompetensi akan disediakan Pemerintah Kabupaten Temanggung.

Agus mengatakan, tahapan pilkades saat ini masih pemberkasan keabsahan bakal calon kepala desa. “Masing-masing desa sudah memenuhi syarat yakni minimal ada dua calon,” tuturnya.

Sejatinya pilkades serentak di Kabupaten Temanggung 2020 akan berlangsung di 216 desa. Namun ada salah satu desa yang gagal penggelar pilkades lantaran tidak ada satu pun calon yang mendaftar yakni Desa Wates Kecamatan Wonoboyo. (tbh/ton)