Natal, Momen untuk Semakin Terbuka

300
OPEN HOUSE NATAL: Kapolres Magelang Kota AKBP Idham Mahdi bersama forkompimda Kota Magelang mengikuti open house Natal di Gereja Ignatius Kota Magelang. (Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Kedu)
OPEN HOUSE NATAL: Kapolres Magelang Kota AKBP Idham Mahdi bersama forkompimda Kota Magelang mengikuti open house Natal di Gereja Ignatius Kota Magelang. (Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Kedu)

RADARSEMARANG.ID, TEMANGGUNG – Perayaan Natal tahun ini di Temanggung bertema “Hiduplah bersahabat dengan semua orang.” Menurut Romo Michael Walidi salah satu pendeta Gereja Santo Petrus dan Paulus Temanggung sesuai tema Natal tahun ini diharapkan semakin membawa umatnya merayakan hidupnya semakin terbuka menerima dan bersahabat dengan siapa pun juga. Menerima segala kelompok dan golongan manapun juga.

Dengan keterbukaan tersebut maka dirinya berharap tidak ada sekat-sekat yang memisahkan dengan pihak manapun. “Seperti Tuhan yang datang memberi suka cita dan kegembiraan itu kan untuk semuanya,” tuturnya.

Menurutnya, Natal merupakan wujud dari kelahiran dan kedatangan Tuhan untuk manusia. Tuhan datang untuk menebus, menyelamatkan dan membawa kehidupan yang semakin baik dan membahagiakan bagi manusia. “Tidak hanya tertutup bagi kami tapi juga perjuangan untuk kehidupan bahagia sejahtera adil dan sejahtera untuk semua orang,” bebernya.

Selain itu, pihaknya berharap kebahagiaan juga dirasakan oleh seluruh manusia. “Meskipun yang merayakan itu kami tapi diharapkan menjalar untuk semuanya,” harapnya.

Sementara itu di Kota Magelang, Kapolres Magelang Kota AKBP Idham Mahdi mengikuti open house Natal di beberapa gereja. Pihaknya memastikan Natal berlangsung aman dan lancar dengan pengamanan ekstra di sejumlah gereja.

“Semuanya untuk gereja yang melaksanakan misa, wajib diberikan pengamanan. Terutama gereja yang memiliki jemaat yang banyak, di antaranya Gereja Ignatius, GPIB Padjajaran, Gereja Pantekosta, GKJ Plengkung. sebanyak 34 gereja kita berikan pengamanan dengan bersenjata lengkap sesuai SOP pengamanan,” kata kapolres Rabu (25/12) usai mengikuti open house Natal di Gereja Ignatius dan GPIB.

Idham menyebutkan, dalam operasi pengamanan Natal dan tahun baru 2020, disiagakan 356 personel yang terdiri dari gabungan Polri, TNI, Pemkot Magelang, dan organisasi nonpemerintah. Untuk personel Polri sebanyak 254, TNI 30 orang, Pemkot Magelang 42 orang dari Dinkes/Satpol PP/Dishub. Organisasi nonpemerintah 30 orang. (tbh/had/lis)