Pasangan Hidup Jadi Rival

151
Agus Sarwono. (TABAH RIYADI/JAWA POS RADAR KEDU)
Agus Sarwono. (TABAH RIYADI/JAWA POS RADAR KEDU)

RADARSEMARANG.ID, TEMANGGUNG – Lantaran tidak ada pesaingnya, 28 inkamben calon kepala desa menggandeng pasangan hidupnya untuk bertarung dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 9 Januari 2020 mendatang. Berkas pendaftaran 28 pasangan suami istri tersebut telah resmi diserahkan kepada Panitia Pilkades di desa masing-masing dan ditetapkan sebagai cakades.

“Ada 28 desa yang calonnya merupakan pasangan suami istri,” ungkap Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Agus Sarwono, Kamis (5/12). Total ada 216 desa yang bulan depan menggelar Pilkades.

Desa yang cakadesnya merupakan pasutri di antaranya Desa Rejosari, Balesari, Tanurejo di Kecamatan Bansari, Desa Pare, Ngropoh Purwosari di Kecamatan Kranggan, Desa Kalimangis dan Wadas di Kecamatan Kandangan, Desa Prangkokan, Gondosuli, Wonosari dan Pengilon di Kecamatan Bulu serta Desa Campurejo, Pitrosari dan Purwosari di Kecamatan Tretep.

“Rata-rata kepala desa yang maju kembali dalam Pilkades di desa tersebut adalah mantan kepala desa sebelumnya atau petahana,” bebernya.

Banyaknya inkamben menggandeng pasangannya sebagai rival dalam Pilkades disebabkan beberapa alasan. Salah satunya lantaran hingga hari terakhir pendaftaran, tidak ada warga lain yang mendaftarkan diri. “Padahal syarat minimal Pilkades bisa diselenggarakan harus ada dua calon,  untuk memenuhi persyaratan itu maka pasangan resmi dari bakal calon mendaftarkan diri sebagai calon kepala desa juga,” jelasnya. (tbh/ton)