alexametrics

Pro-Temanggung, Tingkatkan Nilai Investasi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, TEMANGGUNG- Pemerintah Kabupaten Temanggung melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) terus berupaya meningkatkatkan nilai investasi. Salah satunya dengan menggelar pameran “Pro-Temanggung” yang diikuti oleh 43 UMKM sebagai rangkaian pengembangan investasi.

“Gelar Pro-Temanggung itu merupakan salah satu arah baru membangun investasi, khususnya investasi dari bawah ke atas yang bersifat investasi sektor riil,” ungkap Pelaksana Tugas Kepala DPM-PTSP Temanggung Bagus Pinuntun usai pembukaan “Pro-Temanggung” di Pendopo Pengayoman Temanggung Senin (7/10).

Menurutnya, dengan banyaknya masyarakat yang melakukan investasi yang bersumber dari potensi lokal maka diharapkan akan muncul pengusaha-pengusaha muda yang kreatif. “Harapannya semakin banyak pengusaha meningkatkan kualitas maupun kuantitas sehingga produk Temanggung nanti bisa menembus pasar global,” ujarnya.

Baca juga:  APTI Temanggung Bentuk Pengurus Hingga ke Desa

Menurutnya, banyak produk lokal yang bisa dikelola dengan kreatif, contohnya kopi. Kopi itu sendiri bisa dikelola menjadi bubuk ataupun bahan lainnya seperti pupuk yang nantinya dapat dijadikan sebuah usaha.

“Jadi petani biar main di budidayanya, tetapi di hilirisasi dimainkan oleh pengusaha. Tidak mungkin semua itu akan mengambil dari hulu sampai hilir, pasti berbagi peran dan tumbuhnya wira usaha muda ini saya kira menjadi ikon yang harus kita kembangkan bersama,” tegasnya.

Ia menyebutkan DPM-PTSP Kabupaten Temanggung hingga September 2019 berhasil menarik investasi sebesar Rp 300 miliar. Diharapkan sampai akhir tahun ini bisa mencapai target senilai Rp 360 miliar. “Terjadi peningkatan iklim investasi terutama di sektor riil seperti kopi, batik dan produk kreatif lainnya yang mencapai Rp 176 miliar,” bebernya.

Baca juga:  Baru Selesai Dibangun, Terminal Ngadirejo Sudah Rusak

Sementara itu Wakil Bupati Temanggung Ibnu Heri Wibowo mengungkapkan bahwa selama ini Temanggung merupakan sebuah daerah perlintasan dan tidak dikenal. Maka dari itu pihaknya terus berupaya untuk menjadikan Temanggung sebagai tempat tujuan dan singgah dengan berbagai hal. Salah satunya yakni membangkitkan potensi-potensi lokal. (tbh/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya