alexametrics

Lereng Sindoro Kembali Membara

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, TEMANGGUNG — Kebakaran hutan kembali terjadi di lereng Gunung Sindoro, Senin (30/9). Kali ini api membakar kawasan hutan milik Perhutani yang berada di wilayah Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung.

Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung Gito Walngadi menjelaskan, api diketahui membakar petak 12E-1, wilayah Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Temanggung. Petugas BPBD dan para relawan yang mengetahui kejadian ini langsung menuju lokasi dan berusaha memadamkan api dengan membuat jalur sekat bakar.

“Titik api mulai terlihat pukul 12.30 WIB saat ini personel kami masih berusaha untuk memadamkan api,” katanya, kemarin.

Sejauh ini penyebab kebakaran belum diketahui. Tapi Gito menyampaikan, pada musim kemarau panjang seperti saat ini kawasan hutan di lereng Gunung Sindoro dan Sumbing memang rawan terbakar. Kondisi kering membuat api mudah merembet ke tanaman serta semak-semak.

Baca juga:  Pasar Pingit Gagal Dibangun

Sepekan yang lalu, api juga membakar lereng Gunung Sindoro dan Sumbing. Sabtu (21/9) lalu, kebakaran diketahui terjadi di lahan perhutani petak 23-3 Resort Pemangku Hutan (RPH) Kemloko BKPH Temanggung. Wilayah di lereng Gunung Sumbing ini berada di wilayah Kecamatan Tembarak Kabupaten Temanggung. Ada sekitar 5,5 hektare lahan yang dilalap api.

Kemudian pada Senin (23/9) malam, giliran lereng Gunung Sindoro yang terbakar. Api diketahui muncul di Petak 2020 b-2 Resor Pemangku Hutan (RPH) Anggrunggondok, Bagian Kesatuan Pemangku Hutan Wonosobo, KPH Kedu Utara, masuk Desa Candiyasan, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo. (tbh/jpg/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya