alexametrics

Parpol Belum Serahkan Nama Calon Pimwan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, TEMANGGUNG – Setelah sejumlah fraksi ditetapkan, kini pimpinan sementara DPRD Kabupaten Temanggung Gunawan Adi Purnomo masih memiliki PR untuk menyusun alat kelengkapan DPRD lainnya. Salah satunya, menetapkan pimpinan DPRD Temanggung tahun 2019/2024.

Gunawan mengaku pihaknya masih menunggu surat dari partai pemenang yang berhak mendapatkan kursi pimpinan DPRD yang merekomendasikan kadernya untuk menjadi pimpinan. “Yang jelas kami sudah minta empat partai atau fraksi yang mendapat alokasi pimpinan dewan untuk segera mengirimkan calon pimpinan dewan kepada kami,” ungkapnya.

Namun demikian sampai saat ini baru Partai Gerindra yang telah menyerahkan nama calon pimpinan dewan. “Berdasarkan informasi, kalau dari PDI Perjuangan, dari DPP sudah turun tetapi akan dirapatkan dulu di DPD. Kemungkinan minggu depan dari Fraksi PDI Perjuangan sudah masuk. Kalau dua partai lainnya kami belum tahu,” ungkap politikus PDIP tersebut.
Dikatakan empat partai politik yang mendapatkan jatah kursi pimpinan DPRD Temanggung yakni PDI Perjuangan, PKB, Golkar dan Gerindra. “PPP, PAN dan Gerindra ini memang memiliki jumlah anggota DPR yang sama yakni masing-masing 5. Tapi partai yang memiliki suara terbanyak yakni Gerindra. Maka Gerindralah yang berhak mendapatkan kursi pimpinan,” tuturnya.

Baca juga:  Petani Kesulitan Beli Pupuk Bersubsidi

Setelah dibentuk fraksi, tahap selanjutnya penyusunan tata tertib DPRD. Penyusunan tata tertib sendiri dilakukan manakala ada usulan dari fraksi jika akan ada perubahan tata tertib yang digunakan pada periode sebelumnya.

“Usulan tersebut harus memenuhi peraturan yang berlaku yakni minimal diusulkan oleh seperlima anggota DPRD Temanggung,” terangnya. Sedangkan jumlah anggota DPRD Temanggung sendiri saat ini ada 45 orang. Seperlima dari jumlah anggota tersebut sebanyak 9 orang. Dengan demikian usulan perubahan tata tertib sendiri minimal harus diusulkan oleh 9 anggota DPRD.

Itupun lanjutnya, 9 orang anggota DPRD yang mengusulkan adanya perubahan tata tertib tersebut berasal minimal dari dua fraksi. Jika usulan perubahan tata tertib itu hanya berasal dari satu fraksi tidak akan dilanjutkan.

Baca juga:  TPA Sanggrahan Didominasi Sampah Belanja Online

“Minimal diusulkan 9 anggota dari dua fraksi atau lebih. Jika usulan ini sudah memenuhi syarat kemudian akan dibentuk pansus untuk melakukan pembahasan usulan perubahan tersebut,” jelasnya. (tbh/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya