Pasokan Air PDAM Digilir

309

RADARSEMARANG.ID, TEMANGGUNG- Selama musim kemarau ini debit air di sejumlah sumber mata air milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Agung Kabupaten Temanggung terus mengalami penurunan. Penurunan debit air tersebut mencapai rata-rata 30 persen dari hari-hari normalnya.

“Pasokan air PDAM kita ini berasal dari 36 sumber mata air yang ada di Temanggung seperti Tuk Multo dan sumber mata air Jumprit,” ungkap Kabag Tektik PDAM Tirta Agung, Arif Cahyono.

Menurutnya penurunan debit air tersebut rata-rata mencapai 30 persen yang mengakibatkan layanan air kepada para pelanggan sedikit terganggu. “Mata air yang debit airnya turun lebih dari 30 persen yakni Tuk Multo yang biasanya jika dalam kondisi normal debit air mencapai 50 liter/detik, kini turun menjadi 30 liter/detik. Sementara sumber air Jumprit yang biasanya 70 liter/detik saat musim kemarau seperti ini menjadi 40-45 liter/detik,” bebernya.

Akibat penurunan debit air tersebut ada 42.000 pelanggan PDAM Tirto Agung dari sembilan kecamatan yang ikut terdampak. Pasalnya ada beberapa daerah yang harus digilir penyalurannya untuk mencukupi kebutuhan masyarakat sehari-hari.

“Adapun daerah-daerah yang pasokannya digilir antara lain Kandangan, sebagian Parakan, dan Kedu. Untuk daerah Kedu tahun ini telah dianggarkan juga untuk penambahan pasokan air yang diambilkan dari sumber mata air di dekat Sungai Galeh di Parakan,” jelasnya.

Di Temanggung masih ada beberapa Kecamatan yang tidak terjangkau oleh PDAM karena tidak ada sumber mata air yang cukup besar seperti Kecamatan Bejen, Tretep, dan Wonoboyo. “Namun kita juga telah bekerja sama dengan Bappeda memanfaatkan sumber air-sumber air kecil itu dengan pamsimas,” tuturnya.

Arif juga mengungkapkan jika dibanding dengan tahun lalu, penyusutan air di sejumlah sumber mata air tahun ini hampir sama. Namun berdasarkan pengalaman penurunan debit air yang terjadi di setiap musim kemarau tersebut, pemerintah pun telah membuat tandon-tandon air di beberapa wilayah di Kabupaten Temanggung. (tbh/ton)